Home Politik Jokowi Minta Jalan Tol Balikpapan–Samarinda Selesai Akhir 2018

Jokowi Minta Jalan Tol Balikpapan–Samarinda Selesai Akhir 2018

Publik-News.com – Presiden Joko Widodo meminta agar pembangunan jalan tol ruas Balikpapan-Samarinda, di Kalimantan Timur (Kaltim), bisa diselesaikan paling lambat akhir 2018 mendatang.

Jokowi juga mengisyaratkan, persetujuannya untuk meneruskan pembangunan jalan tersebut dengan pembangunan ruas Samarinda- Bontang.

“Tadi malam langsung saya rapatkan dengan Menteri PU. Yang pertama, jalan tol Balikpapan-Samarinda. Pembebasan lahan sudah diselesaikan oleh Gubernur. Sekarang penyelesaiannya ada di Kementerian. Ini akan diselesaikan maksimal akhir 2018,” kata Jokowi

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat memberikan sambutan pada acara penyerahan sertifikat tanah program strategis tahun 2016, di Balikpapan Sport and Convention Center, Balikpapan, Kaltim, Senin (5/12/2016).

Meski pembangunan jalan tol Balikpapan-Samarinda belum selesai, menurut Jokowi, Gubernur Kaltim Awang Farouk sudah meminta lagi agar pembangunan jalan tol tersebut diteruskan dengan jalur Samarinda-Bontang.

“Tadi malam saya rapatkan dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), tadi pagi baru selesai. Ya sudah, sudah kita berikan, tidak ada masalah. Jadi, Balikpapan ke Bontang,” lanjutnya.

Jokowi mempersilakan keputusannya ditindaklanjuti dan dilanjutkan. Bisa konsorsium dengan investor yang ada, tetapi dia mengingatkan, pemerintah ingin agar ada sebuah kecepatan pembangunan yang dilakukan, sehingga yang mendapat manfaat akhir adalah rakyat.

“Kalau jalan ini selesai semua, biaya untuk logistik, sembako menjadi murah, biaya transportasi murah sehingga harga barang akan murah pada akhirnya,” terangnya.

Comment