Jokowi: Pergeseran Perdagangan dari Offline Ke Online

Jokowi: Pergeseran Perdagangan dari Offline Ke Online

SHARE

Publik-News.com – Setelah sukses pada penyelenggaraan tahun lalu, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui Perum LKBN Antara, PT Balai Pustaka, dan Perum Percetakan Negara Republik Indonesia yang tergabung dalam National Publishing and News Corporation (NPNC), kembali menggelar Indonesia Business and Development Expo (IBDExpo) 2017.

Diselenggarakan di Jakarta Convention Center, Presiden RI Joko Widodo dan Menteri BUMN Rini M Soemarno secara resmi membuka pameran berskala internasional itu pada Rabu pagi (20/9/2017).

Jokowi mengatakan, perubahan selalu ada dari waktu ke waktu. “Pergeseran perdagangan dari offline ke online. Media sosial bergeser dari konsumsi barang ke konsumsi experience. Selain itu, sharing economy sebuah revolusi dari sisi supply. Dampak dari semua ini akan berakibat pada perubahan sisi produksi. Kita harus siap menghadapi era yang sangat dinamis dan fleksibel” ujar Jokowi. ”Keleluasaan untuk bereksperimentasi harus diberikan, startup dan inovasi jangan terlalu banyak diatur oleh peraturan, supaya bisa berkembang”, tutupnya.

Mengusung tajuk “Sinergi Untuk Indonesia Hebat”, IBDExpo 2017 adalah forum bisnis dan pameran dagang berskala internasional yang merupakan manifestasi semangat dan solidaritas komunitas bisnis Indonesia, terutama BUMN. Ajang ini diharapkan dapat mewujudkan sinergi kemitraan dan mengakselerasi pertumbuhan ekonomi nasional melalui perdagangan, investasi dan pariwisata, sekaligus memperkenalkan peran strategis BUMN sebagai agent of development kepada masyarakat.

IBDExpo 2017 juga berfungsi sebagai tempat untuk promosi, interaksi, pendidikan, negosiasi dan transaksi untuk para pelaku bisnis dengan mitra, pelanggan, dan stakeholder mereka. Hal ini merupakan bagian dari upaya BUMN untuk membangun kesadaran publik atas prestasi, inovasi, kreativitas dan peran BUMN dalam membangun negeri.

Lebih jauh, IBDExpo 2017 dirancang sebagai forum bagi para pelaku bisnis di Indonesia untuk mengevaluasi, membahas dan memformulasikan langkah-langkah strategis bisnis mereka. Diharapkan hal tersebut dapat mempercepat realisasi nilai dan visi BUMN untuk mengelola bisnis berskala internasional dan memainkan peran sebagai pelaku bisnis global.

Dalam IBDExpo 2017 dipamerkan berbagai produk dan kegiatan hasil sinergi BUMN Hadir Untuk Negeri, antara lain Rumah Kreatif BUMN, Corporate Social Responsibility (CSR) dan Balkondes, Pustaka Digital (PaDi), pengembangan Transit Oriented Development (TOD) Walini, Kereta Roda Besi berupa kereta cepat Jakarta-Bandung dan Light Rail Transit (LRT), serta dukungan BUMN terhadap industri kreatif.

Selain itu, dalam ajang ini juga digelar acara bincang santai oleh Direktur-Direktur Utama BUMN. Dalam acara ini, beberapa Direktur BUMN terkemuka seperti PT Pertamina, PT Semen Indonesia, dan PT Jasa Marga dijadwalkan hadir untuk memaparkan strategi yang dilakukan oleh masing-masing BUMN dalam mewujudkan program BUMN Hadir Untuk Negeri. IBDExpo juga menghadirkan pembicara berkaliber internasional Yew Kiat Phang dari Credit China Holding Limited pada Financial Technology Seminar. Seminar ini diharapkan menjadi ajang sharing session dan kesempatan untuk berinvestasi dalam rangka pengembangan Financial Technology di Indonesia.

Selain pameran, bincang santai dan seminar di atas, di IBDExpo 2017 pengunjung juga dapat mengikuti doorprize dengan berbagai hadiah menarik, menjajal Virtual Reality Games dan Flight Simulator, Gempita 100th Balai Pustaka, dan Meet & Greet Forum Humas BUMN. Pengunjung yang berminat bergabung dengan BUMN juga berkesempatan mendapatkan informasi lowongan kerja di Business Career Opportunity.

Tak kalah serunya, IBDExpo 2017 juga diisi dengan peluncuran secara resmi produk terbaru hasil inovasi BUMN. Rencananya dalam ajang ini akan diluncurkan Elektronifikasi Sistem Pembayaran di Gardu Tol, Enterprise Logistic System, Pembelian Asuransi Online, dan Semen Indonesia Total Solution. (Men)

SHARE
Comment