Jumlah BUMDes Yang Dibangun Marwan Jafar Selama Jadi Mendes PDTT

Jumlah BUMDes Yang Dibangun Marwan Jafar Selama Jadi Mendes PDTT

SHARE

Publik-News.com – Belasan ribu Badan usaha milik desa (BUMDes) yang terlah dibangun di seluruh pelosok negeri. Marwan Jafar, mantan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi mengatakan terbentuk dan berkembangnya Bumdes menjadi sarana belajar warga desa untuk mengelola sebuah lembaga yang bergerak dalam bidang pelayanan sosial sekaligus ekonomi.

“Alhamdulillah, dalam masa kurang dari 2 tahun saya menjadi Menteri Desa, PDT, dan Transmigrasi (Oktober 2014-Agustus 2016) telah berhasil terbentuk dan berkembangnya 12.115 unit #BUMDes di 1.022 desa, 264 kecamatan, dan 74 kabupaten,” tulis Marwan melalui akun twitternya, @marwan_jafar┬áJumat (26/8/2016).

Menurut Marwan, jumlah Bumdes yang telah dibentuknya tersebut tentu jauh melampaui target 5.000 BUMDes yang ditargetkan pemerintah. Meningkatnya jumlah BUMDes secara signifikan ini mengindikasikan kebutuhan warga desa akan pentingnya suatu lembaga tingkat lokal bagi pemberdayaan dan pertumbuhan ekonomi pedesaan

“Peningkatan jumlah BUMDes ini juga memperlihatkan animo kebangkitan sektor ekonomi rakyat pedesaan,” cuitnya lagi.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mengaku tak terbayang jika setiap desa memiliki BUMDes yang maju dan sehat, maka desa tidak diragukan lagi akan secepatnya meraih kemajuan dan kesejahteraannya serta mampu berperan strategis dalam perekonomian nasional.

“Bicara mengenai BUMDes maka secara langsung kita membahas tentang Demokrasi Ekonomi Lokal. Demokrasi ekonomi di tingkat lokal diharapkan mampu tumbuh dan berkembang baik seiring dgn hadirnya UU No.6 Tahun 2014 ttg Desa,” demikian sebagian cuitan Marwan.

(Hurri Rauf)

SHARE
Comment