KAHMI dan Perkaderan HMI

KAHMI dan Perkaderan HMI

SHARE

Musyawarah Nasional Korps Alumni HMI (Munas KAHMI) ke-10 yang digelar di Medan Sumatra Utara, dihadiri oleh ribuan orang dari berbagai daerah dan berbagai profesi, menunjukkan kebesaran organisasi KAHMI.

Munas KAHMI X menjadi istimewa karena seluruh Keluarga Besar HMI bersyukur atas penetapan Alm. Prof. Drs. Lafran Pane (Pendiri HMI) sebagai Pahlawan Nasional.

Kebesaran organisasi KAHMI, yang ditunjukkan dengan banyaknya anggota KAHMI yang mengabdi di berbagai lini pengabdian serta berkontribusi dalam pembangunan kebangsaan dan keummatan tidak dapat dilepaskan dari fungsi HMI sebagai organisasi perkaderan dan peran HMI sebagai organisasi perjuangan.

Oleh karena itu dapatlah dikatakan bahwa kebesaran KAHMI adalah keberhasilan HMI dalam melakukan proses perkaderan.

Dalam agenda Munas KAHMI X juga akan dilakukan pemilihan pengurus KAHMI yang baru dengan memilih Presidium Majelis Nasional KAHMI. Kita berharap pemilihan dapat dilakukan dengan mengedepankan semangat kekeluargaan dan tidak saling mengkerdilkan sehingga Presidium Majelis Nasional KAHMI kedepan dapat merepresentasikan Alumni HMI dari berbagai profesi dan dari berbagai wilayah.

Kita semua juga berharap, Presidium terpilih adalah alumni HMI yang jelas jenjang perkaderannya baik secara struktural maupun jenjang training formal selama ber-HMI sehingga memiliki komitmen yang kuat dalam membangun dan membesarkan HMI sebagai rumah perkaderan, memiliki integritas yang kuat serta menjaga Nilai-nilai yang ditanamkan selama ber-HMI sehingga kehadiran KAHMI dapat bersama-sama HMI dalam memikul amanah perkaderan bukan justru menjadi beban yang memberatkan bagi HMI.

Kita sangat mengharapkan pelaksanaan Munas KAHMI X dapat menjadi teladan bagi kader HMI yang sebentar lagi akan melaksanakan Kongres HMI XXX.

Dalam kesempatan ini, mari kita semua dapat meneladani semangat perjuangan dan keikhlasan kanda Alm. Prof. Lafran Pane.

Sudah seharusnya rasa syukur kita atas penetapan kanda Alm. Prof. Lafran Pane sebagai Pahlawan Nasional dilakukan dengan menjadikan beliau sebagai teladan baik dalam kehidupan pribadi maupun organisasi.

Oleh: Mulyadi P. Tamsir
(Penulis adalah Ketua Umum PB HMI)

Comment