Kakak Angkat Ditolak Jadi Saksi, GNPF Nilai Sebagai Pukulan Telak Bagi Ahok

Kakak Angkat Ditolak Jadi Saksi, GNPF Nilai Sebagai Pukulan Telak Bagi Ahok

SHARE

Publik-News.com – Koordinator Tim Persidangan GNPF, Nasrulloh Nasution menilai ditolaknya kakak angkat Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai saksi yang meringankan oleh Majelis hakim sebagai suatu tindakan yang ceroboh.

“Pria yang mengaku sebagai abang angkat Ahok ini ditolak kehadirannya sebagai saksi oleh Majelis Hakim lantaran ketahuan pernah ikut hadir di ruang sidang dan mendengarkan keterangan saksi-saksi sebelumnya,” ujar Nasrulloh, Rabu (8/3/2017).

Ia menjelaskan, dalam pasal 160 ayat (1) KUHAP sudah diuraikan terkait pemanggilan saksi. Yakni, saksi yang akan dihadirkan dalam persidangan akan dipanggil satu persatu

Ia melajutkan, saksi yang dihadirkan tidak boleh didengarkan keterangannya oleh saksi lain. Hal ini dikarenakan untuk menghindari antar saksi saling mempengaruhi dalam persidangan.

Sedangkan kakak angkat Ahok, Analta Amir terlebih dahulu sudah berada dalam persidangan dengan melihat dan mendengar keterangan saksi yang lain.

“Tindakan ceroboh yang dilakukan pihak Ahok ini justru akan memberatkan posisi Ahok dalam kasus Penistaan Agama ini. Penolakan ini dianggap sebagai pukulan telak bagi Penasehat Hukum Ahok yang sebelumnya selalu sesumbar akan menguliti saksi-saksi yang akan dihadirkan JPU,” katanya.(Fq)

SHARE
Comment