Home Hukum Kapolda: Rachmawati Cs Kemungkinan Bisa Ditahan Lagi

Kapolda: Rachmawati Cs Kemungkinan Bisa Ditahan Lagi

Publik-News.com-Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi M Iriawan menyebut delapan aktivis yang dilepas karena diduga melakukan makar bisa kembali ditahan apabila pelaku mengulangi perbuatannya.

“Nanti kita lihat perkembangan. Kalau dia mencoba lagi, mengadakan percobaan, apa boleh buat (kita tahan),” uajrnya di kawasan Monas, Selasa, 6 Desember 2016.

Saat ini, menurut Iriawan, polisi sedang memproses kasus dugaan makar tersebut. “Kita sedang proses dan lengkapi pemberkasan,” kata Iriawan

Terkait tokoh utama dari delapan aktivis tersebut, Iriawan mengaku masih sedang mengumpulkan alat bukti yang ada. Apabila ditemukan tokoh utamanya polisi pasti akan melakukan tindakan yang lebih tegas lagi.

“Itu kita ambil. Kalau ada (tokoh utama dugaan makar). Kita cari lagi,” ucap dia.

Sebelumnya, polisi menetapkan tersangka terhadap 11 aktivis dengan sangkaan makar dan sebagiannya lagi dijerat dengan pasal yang berbeda. Polisi akhirnya melepaksan delapan tersangka untuk tidak ditahan yakni, Kivlan Zein, Adityawarman, Ratna Sarumpaet, Firza Huzein, Eko, Aliv Indar Al Fariz, Ahmad Dhani, dan Rachmawati Soekarnoputri

Selain Ahmda Dhani, ketujuh orang tersebut dijerat dengan pasal Pasal 107 juncto Pasal 110 juncto Pasal 87 KUHP tentang Perbuatan Makar, atau untuk menggulingkan pemerintahan yang sah.

Sedangkan ahmad Dhani dijerat dengan pasal dijerat pasal 207 dan pasal 107 juncto 110 juncto Pasal 87 KUHP tentang Penghinaan terhadap Penguasa.

Sementara tiga lainnya yang masih ditahan, mereka adalah Sri Bintang Pamukas, dan dua bersaudara, Jamron dan Rizal Kobar. (faruq)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Comment