Home Nasional Kapolri Akui Jika Kepemimpinan Jokowi Tak Bisa Sejahterakan Rakyat

Kapolri Akui Jika Kepemimpinan Jokowi Tak Bisa Sejahterakan Rakyat

1428

Publik-News.com –  Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan pemerintah saat ini belum berhasil dalam meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat. Hal ini ia katakan dengan melihat Gini ratio yang masih tinggi.

“Lebih dari 70 tahun Indonesia merdeka Pemerintah kita belum berhasil memberikan kesejahteraan secara merata. Gini ratio masing sangat tinggi. Jarak kesenjangan masih sangat tinggi,” ujar Tito saat memberikan kuliah umum bertemakan Tantangan Kebhinekaan dalam Era Demokrasi dan Globalisasi di ITB, Rabu (8/3/2017).

Tito mencontohkan seperti pembangunan di Jakarta. Banyak dibangun gedung-gedung tinggi, restoran mewah. Sedangkan tempat yang berada disampingnya masih banyak pemukiman kumuh yang rata-rata dihuni oleh rakyat miskin.

“Kesenjangan menjadi tantangan terpenting. Forbes menyebut 1.000 orang terkaya di dunia itu banyak orang Indonesia. Kekayaan 100 orang terkaya Indonesia itu jumlahnya bahkan melebihi APBN Indonesia. Tapi di sisi lain banyak masyarakat yang sampai saat ini hidup di zaman batu masih ada seperti di Papua, Sumatera. Itu hampir terjadi di seluruh wilayah Indonesia,” ujar mantan Kapolda Metro Jaya ini.

Tito mengaku permasalahan ekonomi harus menjadi prioritas utama yang harus diselesaikan. Karena menurut Tito, masalah enokomi selalu membawa dampak merusak nilai Bhineka Tunggal Ika

“Tantangan internal kesenjangan ini mau tidak mau harus ada program mendorong masyarakat kelas bawah menjadi lebih terdidik dan sejahtera. Kalau kita lihat program presiden dengan indikator ekonomi uang sudah ada itu sudah on the track,” pungkasnya. (Fq)

 

Comment