Home Hukum Kapolri: Rachmawat Cs Ditangkap Karena Sudah Bertindak Inkonstitusional

Kapolri: Rachmawat Cs Ditangkap Karena Sudah Bertindak Inkonstitusional

Publik-News.com-Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menjelaskan perihal penangakapan terhadap sejumlah aktivis menjelang demo 2 Desember. Menurutnya, penangkapan itu dilakukan demi menjaga keamanan dari jalannya demo supaya tidak diganggu oleh pihak yang tidak bertanggungjawab

Tito mengatakan, sebelumnya dari pihak GNPF (Gerakan Nasional Pembela Fatwa) mengingingkan agar demo tersebut berjalan dengan super damai. Sehingga polisi dengan serius menjaga keamanan supaya tidak terjadi provokasi yang bisa mengganggu kesucian demo bela islam tersebut.

“Itu mereka (peserta aksi) mau ibadah, karena itu kita enggak ingin ada pihak lain yang mengganggu kesucian ini. GNPF (Gerakan Nasional Pembela Fatwa) bilang, ‘Pak, tolong jaga supaya enggak ada yang ganggu massa’,” kata Tito dalam Rapat Kerja dengan Komisi III DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Senin 5 Desember 2016.

Perihal penangkapan terhadap Rachmawati CS, menurut Tito polisi sudah melakukan pekerjaan dengan profesional. Sejumlah aktivis tersebut, dalam keterangan polisi sudah bertindak inkontisusional karena ada upaya ingin menduduki gedung DPR.

“Kalau demo-demo biasa depan DPR silakan. Tetapi, kalau memaksa menduduki itu inkonstitusional,” ujar Tito.

Untuk itu, lanjut Tito, polisi sudah bertindak sesuai dengan prosedur. Ada dari tersangka kesehatannya kurang baik, sehingga polisi mengambil kebijakan untuk tidak menahannya.

“Seperti Rachmawati, Beliau tensinya naik. Dari Yusril Ihza Mahendra memohon pemeriksaan ditunda, sehingga silakan dibawa ke rumah sakit, minta ditunda,” kata Tito

 

 

Comment