Karding: Hakim Agung Terpilih Harus Memukan Formula Atasi Masalah Penumpukan Perkara

Karding: Hakim Agung Terpilih Harus Memukan Formula Atasi Masalah Penumpukan Perkara

SHARE

Publik-News.com – Anggota Komisi III DPR RI Abdul Kadir Karding menyampaikan ucapan sematan kepada tiga nama calon hakim agung Mahkama Agung (MA) yang sudah dipilih Komisi hukum DPR RI. Ketiga nama calon hakim agung terpilih dari dari tujuh nama tersebut adalah DR. Ibrahim, Panji Widagdo dan Edi Riadi

“Smg terpilihnya hakim agung baru dpt memberikan suntikan darah segar di lingkungan MA, memberikan suasana baru utk pmbaruan di lingkungan MA,” tulis Karding melalui akun twitternya @Kadir_Karding, Selasa (30/8/2016).

Menurut Karding, terpilihnya tiga nama calon hakim agung berdasarkan kemufakatan 10 fraksi di Komisi III tersebut harus dapat membuka semangat suasana baru dalam era reformasi hukum (legal reformation). Hakim agung baru harus dapat mengawal perbaikan sistem hukum (administration of justice) di lingkungan MA.

“FPT calon hakim agung tlah mengurai integritas, moralitas, profesionalisme, intelektualitas, keahlian, moralitas, rekam jejak. smg amanah!,” cuitnya.

Calon hakim agung yang terpilih, kata Karding, diharapkan dapat mengurangi penumpukan perkara dan dapat menemukan formula yang tepat masalah penumpukan perkara di MA yang sudah mencapai ribuan perkara.

Menurutnya, penumpukan perkara di tingkat MA harus diantisipasi dengan prosedur kerja yang juga prinsip pengadilan yang sederhana, murah, cepat dan efisien

“Penumpukan perkara di tingkat MA harus diantisipasi dg transparansi dan pengawasan pengadilan,” demikian Karding menutup cuitannya.

(Hurri Rauf)

SHARE
Comment