Karhutla Kembali Ancam Sumatera dan Kalimantan, Menteri KLH Minta Waspada

Karhutla Kembali Ancam Sumatera dan Kalimantan, Menteri KLH Minta Waspada

SHARE
KEBAKARAN HUTAN RIAU

Publik-News.com – Kebakaran hutan dan lahan kembali menebar ancaman bagi kenyamanan hidup masyarakat di sekitar kawasan Sumatera dan Kalimantan. Saat ini, kebakaran hutan kembali terjadi di beberapa wilayah di Riau dan Kalimantan Selatan.

Akibatnya, masyarakat kembali terusik akibat polusi udara mengingat volume asap karena kebakaran semakin meningkat dan mendekati tempat-tempat pemukiman.

Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya mengatakan agar masyarakat dapat mewaspadai kemungkinan terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang lebih besar. Ia berharap semua pihak dapat mengantisipasi terjadinya bencana asap sebagaimana yang terjadi di tahun-tahun sebelumnya.

“Artinya, saat ini seluruh pihaka harus benar-benar sangat waspada dan siaga terjadinya kebakaran hutan dan lahan, jangan sampai bencana kabut asap seperti tahun sebelumnya kembali terjadi,” ujar Siti saat kunjungan kerja ke Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan Sabtu (27/8/2016).

Siti memastikan pihaknya dengan seluruh komponen siaga darurat bencana telah berupaya melakukan upaya meminimalisir jumlah titik api di sejumlah tempat. Sehingga, kata dia, pihaknya berhasil memadamkan api di sejumlah hutan secara maksimal.

“Pagi, siang, dan sore terus kita lakukan monitoring. Ada titik api langsung dipadamkan. Hasilnya dibanding dengan tahun sebelumnya, jumlah titik api turun tajam. Antara 70 persen hingga 90 persen,” ungkapnya.

Seperti diketahui, telah terjadi kebakaran hutan yang tersebar di sejumlah wilayah Sumatera dan Kalimantan. Di Sumatera terjadi di sejumlah hutan di Propinsi Riau. Sedangkan di pulau Kalimantan, terjadi di sejumlah hutan yang ada di propinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Barat.(Ahmad)

SHARE
Comment