Kasdam Jaya Beri Pembekalan 1200 Mahasiswa Baru dalam Menghadapi Tantangan Zaman

Kasdam Jaya Beri Pembekalan 1200 Mahasiswa Baru dalam Menghadapi Tantangan Zaman

SHARE

“Perkembangan peradaban manusia saat ini tentunya memiliki dampak positif maupun Negatif. Terkait wawasan kebangsaan di Indonesia tentunya dipengaruhi oleh sumber daya manusia, kualitas pendidikan dan pengaruh globalisasi.”

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Staf Kodam Jaya Brigjen TNI Eko Margiyono saat memberikan kuliah umum bertajuk “Peran Pemuda dalam Menghadapi Tantangan Indonesia ke Depan” di Auditorium Universitas Yarsi, Rabu (23/8/2017).

Kuliah umum ini dilaksanakan sekaligus untuk memberikan pembekalan bagai 1200 mahasiswa baru Universitas Yarsi TA 2017. Dalam pemaparannya di depan mahasiswa Yarsi, Kasdam Jaya mengingatkan pentingnya peran mahasiswa dalam pembangunan Indonesia ke depan. Dia meminta agar mahasiswa merajut kembali wawasan kebangsaan dan rasa cinta tanah air menghadapi Indonesia Emas.

Untuk mengembangkan wawasan kebangsaan itu, Kasdam Jaya menghimbau para mahasiswa agar kembali menggali jati diri bangsa, yaitu Pancasila.

“Pancasila adalah pondasi dari bangsa ini. Maka dari itu, pondasi inilah yang mesti kita bangun bersama,” tegasnya.

Menghadapi Tantangan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2017, sudah seharusnya para generasi muda kelak mampu menjadi Tuan Timah di negeri nya sendiri. Diharapkan saat itu juga tercipta Indonesia yang modern, sejahtera, dan memiliki sumber daya manusia berkualitas.

“Untuk itu, saya minta mahasiswa Yarsi jangan hanya pintar, tapi harus bertanya bagaimana melakukan segala sesuatu secara benar. Bagaimana kita sebagai warga negara mencintai, berkontribusi, dan bermanfaat untuk negara,” Tegas Kasdam Jaya.

Terakhir, Kasdam Jaya mengingatkan agar mahasiswa mewaspadai bahaya proxy war alias perang antara dua pihak dengan menggunakan pihak ketiga untuk mengalahkan musuh. Proxy war bisa bermacam jenisnya, misalnya dengan narkoba atau radikalisme.

“Jauhi narkoba. Silang pendapat boleh, tapi jangan sampai rusuh. Mahasiswa harus jadi bagian dari solusi,” tutup Kasdam Jaya. (TK)

SHARE
Comment