Kata JK Soal Ekonomi RI: Sudah Timpang, Miskin Lagi

Kata JK Soal Ekonomi RI: Sudah Timpang, Miskin Lagi

SHARE

Publik-News.com – Wakil Presiden, Jusuf Kalla (JK) menyebut masalah terbesar yang dihadapi bangsa saat ini adanya ketimpangan dibidang ekonomi. Hal itu semakin sulit diatasi ketika benturkan dengan persoalan kemiskinan.

“Kita di Indonesia juga ketimpangan, tapi ketimpangan antara miskin dan kaya. Jadi kita timpang, miskin lagi. Itu hal yang tentu harus menjadi perhatian kita walaupun saya sedikit agak risih berbicara kemiskinan di tengah ruang yang indah ini,” kata JK di acara Indonesia Development Forum (IDF) di Hotel Westin, Jakarta, Rabu (9/8/2017).

JK mencontohkan di negara Amerika Serikat (AS) juga mengalami ketimpangan yang tinggi, tetapi rakyatnya makmur.

“Berbicara ketimpangan tentu bisa kita lihat dari berbeda sisi. Di Amerika juga selalu terkenal 1% lawan 99%. Artinya ketimpangan juga luar biasa. Tetapi dia timpang dalam kemakmuran,” ucap JK.

JK mengungkapkan yang selalu menjadi pembahasan di pemerintah terkait kebijakan mana dulu yang di prioritaskan, apakah pemerataan dulu atau peningakatan kemakmuran yang tak merata, atau keduanya diambil sekaligus.

“Selalu terjadi pembicaraan, makmur dulu baru adil atau sejalan adil dan makmur itu. Ini tidak mudah menyelesaikan suatu prioritas seperti ini. Apakah kue dibesarkan dulu baru dibagi, atau langsung dibagi kuenya. Ini banyak teori tentunya, karena tidak mungkin dibagi tanpa ada kue yang besar,” jelas JK. (Fq)

 

SHARE
Comment