Kata Panglima TNI Soal Pencopotan Dandim Lebak

Kata Panglima TNI Soal Pencopotan Dandim Lebak

SHARE

Publik-News.com – Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengatakan, pencopotan Komandan Daerah Militer (Dandim) 06/03 Lebak Letkol Czi Ubaidillah dikarenakan ada kesalahan prosedur saat latihan bersama salah satu ormas islam fron pembela islam (FPI).

“Kemarin dicopot, sesuai dengan keterangan Pangdam karena kesalahan prosedur,” ungkap Gatot di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (11/1/2017).

Menurut Gatot, seharusnya seorang komandan apabila ingin melakukan sebuah latihan kemiliteran harus melapor terlebih dahulu kepada pimpinan diatasnya tidak semaunya sendiri.

“Prosedurnya adalah dia harus melaporkan kepada pimpinan. Koramil kepada Dandim, Dandim kepada Danrem. Itu tidak dilalui. (Kejadian di Kodim Lebak) semaunya aja,” terang Gatot.

Karena menurut Gatot dalam latihan meliter memiliki standar prosudural yang harus dijlankan sebelum melakukan latihan bersama yaitu silabus seperti kesehatan, dan ada target yang harus dicapai dari latian tersebut.

“Karena ada silabusnya, laporan kesehatan, dan ada apa yang harus dicapai. Tidak sembarangan seperti itu,” lanjutnya.

Gatot tidak mempermasalahkan warga negara ingin mengikuti program bela negara oleh siapapun warga negara Indonesia. Namun menurut gatot harus sesui dengan standard operating procedure (SOP).

“Memang bela negara hak semua warga negara, tapi prosedur harus benar, tidak nanti Koramil ajukan sendiri tanpa laporan,” katanya. (TK)

SHARE
Comment