Home Hukum Kebablasan, Pansus Sebut Ketua KPK Langgar Konstitusi

Kebablasan, Pansus Sebut Ketua KPK Langgar Konstitusi

Publik-News.com – Wakil Ketua Pansus Taufiqulhadi mengaku tidak terima dengan pernyataan Ketua KPK Agus Rahardjo yang mengancam akan menggunakan pasal obstruction of justice atau menghalangi proses penegakan hukum kepada pansus angket.

Justru, kata dia, pernyataan Agus itu yang melanggar konstitusi. Hal ini bisa digunakan dasar pansus untuk melaporkan Agus.

“Itu pernyataan yang menurut kita kebablasan. Itu menghambat tugas-tugas konstitusional. Maka seluruh pihak yang menghambat tugas-tugas konstitusional sebetulnya telah melanggar konstitusi. Karena itu dia harus disikapi secara hukum,” kata Taufiq di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (5/9/2017).

Ia meminta Agus membaca lagi undang-undang mengenai tugas dan fungsi DPR. Sebagai lembaga ad hoc, seharusnya KPK bisa memahami hal itu.

“Yang sangat tidak patut dia mengatakan bahwa Pansus ini melakukan obstruction of justice, yaitu berusaha menghalang-halangi pemeriksaan, karenanya bisa dikenakan pasal tipikor. Jadi, kami ini seperti penjahat,” tuturnya.

“Padahal, kami melakukan tugas-tugas konstitusional. Tudingan itu tidak benar sama sekali. Sejumlah pengamat hukum tata negara sudah memberikan pandangan bahwa Pansus ini sah secara undang-undang,” tandasnya.(Fq)

Comment