Kebakaran Hutan Kembali Terjadi, PDIP Ejek Kerja Menteri KLH

Kebakaran Hutan Kembali Terjadi, PDIP Ejek Kerja Menteri KLH

SHARE

Publik-News.com – Entah apa yang menyebabkan kebakaran hutan menjadi persoalan rutin yang secara berulang menimpa hutan-hutan di kawasan Sumatera dan Kalimantan. Nyaris setiap tahun hutan-hutan di dua wilayah tersebut dilalap api hingga mengakibatkan bencana asap yang merugikan negara dan masyarakat.

Saat ini, situasi yang tak diinginkan itu kembali terjadi. Sejumlah area hutan dan lahan di Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat dan Riau ditemukan sejumlah titik api yang mulai membesar.

Menanggapi kondisi tersebut, politisi PDIP Arteria Dahlan mempertanyakan kerja menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLH) Siti Nurnaya selama ini. Dengan nada mengejek, Arteria menilai kebakaran hutan tak lebih dari kegiatan tahunan yang seolah direncanakan secara sengaja oleh pihak-pihak tertentu.

“Dibuatkan saja semacam kegiatan nasional selamat memasuki bulan kebakaran hutan dan lahan. Kalau perlu dijadikan hari libur nasional. Biar semua pihak itu tau dan sadar ternyata kebakaran hutan dan lahan itu memang agenda dan kejadian rutin tahunan,” ujar Arteria saat dihubungi wartawan di Jakarta, Minggu (28/8/2016).

Arteria berharap pemerintah menunjukkan ketegasan dengan menjadi garda terdepan sebagai representasi negara menghadapi ancaman bencana kebakaran hutan dan lahan. Menurutnya, seharusnya pemerintah membuat anggaran khusus yang diperuntukkan mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Ia meminta Siti Nurbaya lebih tanggap dalam menyelesaikan persoalan yang menjadi tanggung jawabnya itu.

“Biar jelas sikap politik negara atas kawasan hutan dan lahan itu seperti apa. Daripada percuma selama ini khan ada anggaran mitigasi resiko dan penanganan di setiap Kementerian dan Lembaga terkait,” jelasnya.(Ahmad)

SHARE
Comment