Keberanian Polisi dalam Kasus Penistaan Agama

Keberanian Polisi dalam Kasus Penistaan Agama

SHARE

Penistaan agama Islam yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama direspons berbagai pihak. Respons menggema ke seluruh tanah air bahkan ke mancanegara. Yang menyebut Ahok menistakan agama bukan hanya umat Islam, tapi juga dari kalangan non muslim seperti Jaya Suprana, Lieus Sungkarisma dan sejumlah nama lainnya.

Dari kalangan umat Islam seluruh Ormas Islam telah menyampaikan kecaman dan tuntutan agar Polisi segera mengambil tindakan tegas atas kasus tersebut. Hingga saat ini polisi telah melakukan proses pemeriksaan terhadap kasus itu. Nampaknya publik terlanjur tidak percaya kepada polisi dalam kasus yang melibatkan Ahok, Gubernur DKI Jakarta itu.

Mungkin karena Ahok diisukan terlibat dalam sejumlah skandal korupsi, namun tidak ada satu kasus pun yang diproses secara tuntas oleh kepolisian hingga saat ini. Ahok dilindungi kekuasaan begitu kata sejumlah pengamat. Amin Rais bahkan memberi sinyal kepada publik bahwa yang melindungi Ahok selama ini adalah Presiden Jokowi. Amin Rais dalam aksi massa menuntut Ahok di Jakarta mengatakan “Presiden Jokowi jangan melindungi Ahok”.

Aksi mendesak agar Ahok segera ditangkap pun meluas ke daerah-daerah. Aksi massa itu setidaknya sudah terjadi di Sumatera Utara, Barat, Selatan, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan.

Para penggerak massa mengatakan akan menurunkan jumlah massa yang lebih besar jika Ahok tidak segera diadili. Bahkan HMI di Makassar mengancam akan melakukan aksi sweaping terhadap warga etnis Tionghoa jika kasus Ahok tidak segera dituntaskan.

Menyusul reaksi umat Islam yang terus membesar disejumlah daerah ditanah air Wakil Presiden M.Jusuf Kalla mengatakan “wajar jika umat Islam marah kepada Ahok sembari mengingatkan agar Ahok tidak asal bicara.

Respons atas reaksi umat Islam juga sampaikan kalangan petinggi lembaga Tinggi Negara. Ketua dan pimpinan DPR maupun MPR menyerukan desakan agar Kepolisian mempercepat proses hukum kasus penistaan agama yang dilakukan Ahok.

Kita tunggu keberanian Polisi menangani kasus itu secara cepat dan tepat.

(Publik-News, editorial)

SHARE
Comment