Kejaksaan Watch Investigasi Anak HM Prasetyo Yang Diisukan Mengamankan Bisnis di Bali

Kejaksaan Watch Investigasi Anak HM Prasetyo Yang Diisukan Mengamankan Bisnis di Bali

SHARE

Publik-News.com – Kejaksaan Watch mencurigai Jaksa Agung HM Prasetyo dalam mempromosikan anaknya sendiri Bayu Adhinugroho Arianto sebagai Kajari Gianyar Bali. Sebab, berdasarkan data yang diperoleh Jaksaan Watch, Bayu Adhinugroho Arianto dipromosikan berdasarkan Keputusan Jaksa Agung Nomor: Kep-381/c/06/2017.

“Soal yang parah dalam Kejagung saat ini diantaranya reformasi birokrasi yang tidak jalan. Khusunya aspek mutasi dan promosi jabatan yang perlu di reformasi total dengan mental yang sudah parah,” ujar Ketua Presidium Kejaksaan Watch, Syamsuddin Radjab melalui siaran persanya, Jumat (23/6/2017).

Menurut dia, mutasi dan promosi sangatt subyktif dan penuh kongkalikong dan bahkan semena-mena jadi jangann heran Prasetyo digugat oleh bawahannya karena memutasi Jaksa/pejabatnya sekalipun bertentangan degan aturan.

“Termasuk promosi anaknya yang sekarang di promosikan sebagai Kajari Gianyar Bali tentu patut dipertanyakan. Karena si bayu ini jika diperhatikan hampir semua SK promosi dalam kepemimpinan bapaknya selalu ada namanya dan dilihat dari masa penempatannya hanya sebentar lalu diberi posisi lagi pada promosi berikutnya,” katanya.

Selama menjadi Jaksa Agung, Syamsuddin mengatakan bahwa Prasetyo tidak dapat mewujudkan program nawa-cita di Kejagung. Sebaliknya, HM Prasetyo hanya disibukkan untuk mengurus anaknya sendiri.

“Jadi prasetyo ini hanya mengurus anaknya selama jadi Jaksa Agung, kan kasihan lembaga negara yang berwinawa ini kalau hanya urus keluaraga dan bukan memikirkan bagaimana reformasi Kejagung ini terlaksana sehingga nawacita Jokowi-Jk bisa terwujud,” tukasnya.

Menurut Syamsuddin, akibat dari kesibukan HM Prasetyo mengurus promosi anaknya sendiri maka wajar jika negara, khususnya lembaga Kejagung mengalami kerugian besar. Bahkan, mantan Ketua PBHI ini mendengar isu bahwa penempatan Bayu Adhinugroho Arianto sebagai Kajari Gianyar Bali untuk kepentingan pengamanan bisnis.

“Memag ada isu lain, bahwa Prasetyo menempatkan “memaksa” anaknya di Bali karena ada juga kepentingan lain soal pengamanan bisnis. Hal ini Kejaksaan Watch sedang kita investigasi dengan kawan-kawan aktivis di Bali,” tutupnya. (PN)

Comment