Home Sport Kelatnas Perisai Diri: Ayo Promosikan Budaya Pencak Silat Kita

Kelatnas Perisai Diri: Ayo Promosikan Budaya Pencak Silat Kita

268

Publik-News.com – Litbang Keluarga Nasional Indonesia Perisai Diri, Hasnil Fajri tak rela apabila budaya pancak silat Indonesia sirna di masa mendatang. Sebagai warisan para leluhur, Hasnil mengajak semua elemen masyarakat merawat dan ikut melestarikan budaya pencak silat.

Diketahui, tidak semua anak bangsa atau generasi muda menyukai budaya pencak silat. Padahal, kata dia, pencak silat yang diwariskan para leluhur bangsa ini tidak kalah hebatnya dengan pancak silat yang didatangkan dari luar negeri.

“Anak-anak remaja sebagian sudah tahu. Dan kita ingin pencak silat ini diterima semua lapisan masyarakat. Generasi milenial juga sebenarnya bisa menyukai bela diri kita karena bela diri di tanah air kita ini tidak kalah dengan bela diri impor. Kita punya lengkap, tidak kalah, dan itu ada semua di kita,” ujar Hasnil.

Hal tersebut dikatakan Hasnil disela acara demonstrasi bela diri sekitar 200 an pesilat dari Kelatnas Perisai Diri di arena Car Free day (CFD) kawasan Sarinah MH Thamrin, Jakarta Pusat (12/8/2018).

Menurut Hasnil, pencak silat harus dipromosikan secara terus menerus dan dalam berbagai kesempatan. Misalnya, di arena Car Free Day, seperti yang diselenggarakan Kelatnas Perisai Diri saat ini. Pada momen ini, 200 an anak binaan Kelatnas Perisai Diri DKai Jakarta unjuk kebolehan.

Demonstrasi bela diri yang dipamerkan anak asuh Kelatnas Perisai Diri ini menjadi tontonan yang menghibur ribuan warga masyarakat yang melintas dan berolah raga di kawasan MH Thamrin. Pada momen ini, para penonton rame-rame tepuk tangan dikala para pesilat itu memperagakan bagaimana mengantisipasi serangan lawan yang menggunakan sejata tajam, seperti pedang, pisau, dan senjata tajam lainnya.

“Tadi diperagakan serang-hindar, teknik-teknik serang kombinasi bela diri. Ada yang menggunakan pedang, pisau dan kipas. Tadi juga ada aksi pemecahan hable oleh anak-anak remaja,” katanya.

Hasnil menambahkan demonstrasi bela diri yang digelar Kelatnas Perisai DKI ini bekerja sama dengan PT Sarinah sebagai salah satu perusahaan BUMN. Tujuannya, selain mempromosikan pencak silat, acara ini juga dalam rangka menyambut dan menyuseskan Asian Games.

Untuk diketahui, Kelatnas Perisai Diri mengirimkan satu perwakilan atlet pencak silat bernama Wewey Wita pada Asian Games ini. Wewey Wita pernah menjadi juara pada Sea Games di Malaysia 2017 silam.

Hasnil berharap Wewey Wita dapat menyumbangkan 1 mendali emas karena Indonesia menargetkan masuk 10 besar pada Asian Games 2018 ini.

“Ini herapan yang sangat besar kepada Wewey untuk mengharumkan nama bangsa Indonesia. Dan juga mengharumkan pencak silat dan Kelatnas Perisai Diri khusunya,” harap Hasnil. (PN)

Comment