Keliling Jateng, Sudirman Said Temukan Kondisi Ponpes Yang Memprihatinkan

Keliling Jateng, Sudirman Said Temukan Kondisi Ponpes Yang Memprihatinkan

SHARE

Publik-News.com – Mantan Menteri ESDM, Sudirman Said rajin menyambangi sejumlah tempat di Jawa Tengah. Ia bermaksud maju sebagai Cagub Jateng pada Pilgub Jateng 2018 nanti.

Sudirman mengaku sudah mengunjungi beberapa pondok pesantren (Ponpes) di Jawa Tengah. Menurutnya, kondisi ponpes di Jateng memprihatinkan.

“Saya mengalami dan banyak menemukan pesantren-pesantren yang memprihatinkan. Itu harus jadi perhatian siapapun yang nanti memimpin Jawa Tengah,” kata Sudirman usai safari politik dan diskusi di Pondok Pesantren Ndelik di Gunung Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah Kamis (17/8) malam.

Sudirman menyayangkan banyak ponpes yang belum tersentuh oleh pemerintah. Karena bagaimanapun, kata dia, kehadiran ponpes mempunyai andil besar membangun jiwa bangsa Indonesia.

“Saya juga banyak sekali masuk pesantren dan saya merasa bahwa pesantren belum mendapatkan sentuhan lebih baik. Karena jumlah anak-anak didik yang belajar di sana luar biasa besar dan sebetulnya kontribusi untuk membangun jiwa bangsa itu dari pesantren besar sekali,” tegasnya.
Sudirman berharap, bagi calon gubernur yang terpilih nanti bisa lebih memperhatikan ponpes, mulai dari tenaga pengajarnya hingga tempat ibadahnya.

“Nah, karena itu perlu mendapatkan perhatian besar baik sarana pendidikan pengajaranya, ruang-ruang kelas, asrama sampai tempat ibadah,” ungkapnya.

Soal lainnya, kata Sudirman, masalah akses jalan yang belum maksimal. Menurutnya, ketimbang mengaspal jalan yang sudah baik, lebih baik membangun akses jalan daerah yang jauh dari jangkauan.

“Kemudian berikutnya, adalah soal akses. Akses terutama daerah-daerah tengah yang mungkin daripada kita terus buang-buang uang untuk tempat yang sudah baik kemudian dilapisi aspal lagi. Kenapa kita tidak rambah daerah-daerah yang jauh dari jangkauan? Justru kalau membuka daerah itu, perputaran ekonomi akan lebih baik. Karena akses jadi masalah,” pungkasnya.(Fq)

 

SHARE
Comment