Kemenag Provinsi Didorang Bentuk Tim Asistensi Penyusun Laporan Keuangan

Kemenag Provinsi Didorang Bentuk Tim Asistensi Penyusun Laporan Keuangan

SHARE

Publik-News.com – Dalam upaya menyajikan tata kelola keuangan yang berkualitas, Kepala Biro Keuangan dan Barang Milik Negara (BMN) Syihabuddin mendorong agar Kementerian Agama Provinsi membentuk tim asistensi penyusun Laporan Keuangan (LK) selain duta akrual yang telah dipilih di setiap provinsi.

“Tim asistensi ini merupakan orang-orang yang dipilih dan dinilai mampu serta memiliki pengetahuan dan kompetensi seperti di Biro Keuangan,”terang Syihabuddin saat kegiatan Bimbingan Teknis Akuntansi Berbasis Akrual di Purwokerto, Kamis (29/9/2016).

Dikatakannya, Biro Keuangan akan membantu proses meningkatkan kemampuan pengetahuan dan keterampilan (capacity building) tim asistensi ini agar pengetahuan dan pemahaman terhadap laporan keuangan lebih konfrehensif, dan nanti masing-masing di tim kanwil akan melakukan pimbinaan di satker di lingkungan kanwil masing-masing, dibagi sejumlah satker yang ada.

“Selanjutnya, diharapkan keberadaan duta akrual dan tim asistensi ini, tata kelola keuangan di Kemenag akan lebih baik, terutama dalam penyusunan laporan keuangan,” ujar Syihabuddin.

Syihabuddin juga kembali menekankan, agar setiap pinpinan satker harus mengetahui dan memahami dengan baik apa itu akrual, serta memotivasi satuan kerja di bawahnya untuk mengetahui dan memahami dengan baik akuntansi berbasil akrual tersebut.

Bagi Syihabuddin, keberadaan dan peran penyusun laporan keuangan dan operator aplikasi pelaporan keuangan yang menjadi peserta bimtek dinilai sangat strategis dan berperan penting untuk; pertama, memastikan penyajian laporan keuangan tepat waktu. Kedua, ketika dilakukan penginputan data dalam dua aplikasi Saiba dan e-rekon harus data yang sudah tervalidasi dahulu.

“Peran peserta bimtek sangat penting dalam kualitas laporan keuangan selain komitmen pimpinan satker. Bapak Menteri ingin tahun 2016, opini WTP dikembalikan lagi,” tandas Syihabuddin.

Kegiatan Bimtek di Purwokerto ini diikuti oleh 120 peserta yang merupakan tim teknis penyusun laporan keuangan tingkat satker yang berada di lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah.

(Fadli)

SHARE
Comment