Kemenag Telurusi Travel Pengeluar Paspor Ilegal 177 Jamaah Haji

Kemenag Telurusi Travel Pengeluar Paspor Ilegal 177 Jamaah Haji

SHARE

Publik-News.com – Inspektur Jenderal Kementerian Agama M Jasin mengatakan ibadah haji yang dilakukan warga negara indonesia (WNI) dengan menggunakan paspor negara lain tidak sah. Karena menurut Jasin, hal itu ada unsur kebohongan yang dilakukan oleh calon jama’ah haji.

“Menurut saya nggak sah karena bohong. Kalau usaha sah-sah saja. Tapi ini ihtiarnya bohong. Ini ada unsur kebohongan dokumen,” kata Jasin di KPK, Jakarta, Selasa (23/8/2016).

Jasin menduga ada oknum biro haji yang membujuk mereka dalam pemberangkatan 117 calon jamaa haji asal Indonesia dengan menggunakan paspor Filipina.

“Kalau dia itu dibujuk orang, orangnya siapa ya kita cari itu. Kemudian kalau pergi hajinya melalui luar negeri, Kemenag menelusuri apakah ada travel-travel yang diizinkan Kemenag ikut membantu sindikat asing,” kata Jasin

Seperti diketahui, ada 177 calon jemaah haji ilegal asal Indonesia ditahan pihak Imigrasi Filipina Mereka ditangkap bersama lima warga Filipina yang membawa mereka ke maskapai Philipine Airlines untuk penerbangan ke Arab Saudi, Jumat, pekan lalu.

(Taufik)

SHARE
Comment