Kemenperin Berencana Hadirkan Mobil Listrik di Indonesia

Kemenperin Berencana Hadirkan Mobil Listrik di Indonesia

SHARE
?????????????

Publik-News – Polusi menjadi problem mayor yang membuat gelisah masyarakat perkotaan di Indonesia. Disatu sisi, masyarakat tak bisa menampik kebutuhannya terhadap berbagai peralatan mesin yang menjadi sumber utama polusi.

Sebuah gagasan besar untuk memperkecil tingkat produksi pencemaran di Indonesia muncul dari sosok Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto. Pria yang baru sebulan bergabung dengan kabinet kerja ini tengah berencana untuk menghadirkan tekhnologi mobil ramah lingkungan berdaya listrik.

“Namun mobil listrik di Indonesia masih terbatas,” ujar Airlangga saat konferensi pers pada acara pameran GIIAS di ICE BSD, Tangerang, Kamis (11/8/2016).

Kendati demikian, Airlangga menegaskan pihaknya tidak akan patah arang. Bahkan dirinya mengaku akan berusaha mencari formulasi alternatif mobil angkutan pribadi yang tidak hanya bergantung pada tenaga listrik.

Lebih lanjut Airlangga mengungkapkan pihaknya tengah mendorong pengembangan kendaraan berkesuaian dengan suasana pedesaan. Sejauh ini, lanjut dia, tahapannya sudah dilakukan dengan melibatkan para siswa terdidik SMKN 2 klaten, Jawa Tengah.

“Mobil pedesaan ini kami yang desain. Nanti sifat produksinya bukan mass production. Tapi job order,” jelasnya.

Dijelaskan Airlangga, pengembangan tekhnologi mobil pedesaan yang tengah digarapnya akan memprioritaskan komponen buatan asli dalam negeri. Lebih dari itu, menurut dia, turut juga disipakan pembentukan sentra otomotif yang menjadi pusat pengembangan desain dan model kendaraan berkesesuaian dengan pedesaan tersebut.

“Kendaraan multiguna ini dapat meningkatkan kegiatan ekonomi di pedesaan, khusunya pada sektor pertanian serta industri kecil dan menengah,” paparnya.(Ahmad)

SHARE
Comment