Kementerian Agama Didesak Percepat Urus Visa Haji

Kementerian Agama Didesak Percepat Urus Visa Haji

SHARE

PublikNews.com – Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Iskan Qolba Lubis mengatakan, keterlambatan penerbitan visa haji sering kali menjadi masalah dalam penyelenggaraan haji setiap tahunnya. Pemerintah diminta agar tidak boleh lagi terlambat mengurus persoalan visa pada penyelenggaraan haji tahun 2016.

“Karena visa merupakan salah satu syarat agar jamaah haji dapat berangkat ke tanah suci,” ujar Iskan, Selasa (19/7).

Lebih lanjut, Iskan menambahkan komisinya akan terus memastikan Kementerian Agama (Kemenag) mampu mengatur persoalan visa ini tanpa ada permasalahan. Apalagi Komisi VIII sendiri telah menyetujui pemberian biaya verifikasi kepada Kemenag, mulai dari tingkat kabupaten kota hingga pusat.

“Untuk biaya pelaksanaan verifikasi sudah disetujui Komisi VIII, dengan adanya suntikan dana itu kami berharap tidak ada permasalahan terkait urusan visa,” kata legislator dari Fraksi PKS ini.

Dikatakannya, salah satu persoalan utama yang perlu diantisipasi pada pengurusan visa selama ini adalah kurangnya komunikasi dan koordinasi dengan Pemerintahan Arab Saudi. Dengan demikian, dia kembali menegaskan agar pemerintah tidak mengulangi kesalahannya mengurus persoalan visa pada penyelenggaraan haji tahun 2016.

“Jangan sampai ketidaktertiban seperti tahun lalu terjadi lagi. Oleh karena itu perlu evaluasi dalam memperbaiki komunikasi dengan pemerintah Arab Saudi,” tutup dia.

(Hurri Rauf)

SHARE
Comment