Kenapa Mayoritas Anggota DPD RI Bilang Takut Jenguk Irman Gusman?

Kenapa Mayoritas Anggota DPD RI Bilang Takut Jenguk Irman Gusman?

SHARE

Publik-News.com – Diakui bahwa sebagian besar anggota DPD RI takut untuk menjenguk bekas ketua mereka, Irman Gusman, yang mendekam di tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Hal itu karena sebagian besar masyarakat berpandangan bahwa para anggota DPD RI yang meminta penangguhan penahanan atas Irman Gusman adalah orang-orang yang pro korupsi.

“Sama juga ketika ada orang yang ditahan di KPK orang pada takut semua mengunjungi,” ungkap Koordinator Tim 10 DPD RI, Asri Anas, dalam diskusi “DPD Terbelah?” di Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (1/10/2016).

Menurutnya, para “senator” yang meminta penangguhan penahanan tersebut hanya mewujudkan solidaritas karena kedekatan mereka dengan Irman.

Tindakan para anggota DPD itu tidak jauh berbeda dengan upaya para pegawai dan pimpinan KPK yang melakukan aksi serupa ketika ada rekan mereka yang “dikriminalisasi”. Misalnya yang terakhir dalam perkara Abraham Samad dan Bambang Widjojanto.

“Komisioner KPK yang kita sebut dikriminalisasi ternyata juga banyak teman-teman yang menjamin,” ujarnya.

Asri menegaskan semua anggota DPD sudah sepakat untuk taat pada komitmen bersama KPK pada tahun 2009 lalu. DPD berjanji tidak akan melindungi siapapun anggotanya yang tersangkut kasus korupsi.

“Sebenarnya kami serahkan sepenuhnya ke ranah hukum. Karena komitmen kami tahun 2009 dengan KPK, kalau dia korupsi enggak mungkin kita lindungi,” tegasnya

SHARE
Comment