Home Politik Ketua DPR Bilang UU MD3 Tetap Berlaku Meski Tak Diteken Jokowi

Ketua DPR Bilang UU MD3 Tetap Berlaku Meski Tak Diteken Jokowi

Publik-News.com – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menegaskan bahwa revisi UU MD3 tetap sudah berlaku meski hingga saat ini belum ditandatangani oleh Presisen Joko Widodo (Jokowi).

Hal tersebut disampaikan Bamsoet — panggilan akrab Bambang Soesatyo menanggapi pertanyaan perihal revisi UU MD 3 yang disahkan melalui rapat paripurna dan tidak diteken oleh Jokowi.

“Walaupun revisi UU MD3 tidak ditandatangani oleh Presiden dalam jangka waktu 30 hari, UU tersebut berlaku secara sah dan mengikat,” kata Bamsoet melalui pesan singkatnya, Rabu 21/2/2018).

Menurutnya, UU tersebut hanya bisa dibatalkan melalui keputusan Mahkamah Konstitusi (MK). Untuk itu, ia mempersilakan kepada seluruh warga negara untuk melayangkan gugatan ke MK jika merasa dirugikan.

“Jika ada pihak-pihak yang masih tidak sependapat dengan pasal yang ada di UU MD3 dipersilahkan menggugat melalui uji materi di Mahkamah Konstitusi,” tegasnya.

Sebelumnya, Menteri Yasonna memastikan Presiden Jokowi tidak akan menandatangani revisi UU MD3 yang saat ini menuai polemik di masyarakat.

“Jadi Presiden cukup kaget juga, makanya saya jelaskan, masih menganalisis, dari apa yang disampaikan belum menandatangani dan kemungkinan tidak akan mendandatangani (UU MD3),” kata Yasonna, di lingkungan istana kepresidenan Jakarta, Selasa (20/2). Js

Comment