Home Politik Ketua DPR Harap Keterwakilan Perempuan Semakin Banyak di Parlemen

Ketua DPR Harap Keterwakilan Perempuan Semakin Banyak di Parlemen

WAWANCARA KHUSUS KETUA DPR

Publik-News.com – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo berharap partai-partai politik dapat memenuhi kuota 30 persen calon anggota legislatif (caleg) perempuan pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 sehingga makin banyak kaum perempuan aktif di politik sebagai anggota parlemen.

“Kuota caleg perempuan minimal 30 persen diatur dalam UU Pemilu. Harapannya, makan banyak kaum perempuan di parlemen, maka aspirasi kaum perempuan dapat lebih terwakili dan parlemen makin produktif,” kata Bambang Soesatyo melalui pernyataan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Jumat malam.

Pria yang akrab disapa Bamsoet itu mengemukakan, undang-undang (UU) memberikan kesempatan kepada kaum perempuan untuk aktif di politik sebagai anggota DPR RI maupun menduduki jabatan publik, sehingga kaum perempuan harus berjuang sebaik mungkin.

Saat bertemu dengan Badan Musyawarah Organisasi Islam Wanita Indonesia, ia menyatakan, dirinya meyakini semakin banyak kaum perempuan menjadi anggota DPR RI, akan semakin meningkatkan produktivitas kinerja dewan.

Politisi Partai Golongan Karya (Golkar) itu menambahkan, DPR RI bersama pemerintah telah memperkenalkan sistem yang mewajibkan partai politik memenuhi kuota minimal 30 persen keterwakilan perempuan dalam daftar calon legislatif (caleg)

“Undang-undang mengamanahkan partai politik dapat memaksimalkan kuota 30 persen perempuan,” katanya. Oleh karena itu, menurut Bamsoet, kaum perempuan juga harus meningkatkan kualitasnya dan berjuang lebih keras agar terterpilih menjadi anggota parlemen, sehingga makin banyak perempuan yang menjadi wakil rakyat. (Antara)

Comment