Ketua KPK Bilang Praktik Korupsi Jawa Timur Paling Tinggi Dibanding Daerah Lain

Ketua KPK Bilang Praktik Korupsi Jawa Timur Paling Tinggi Dibanding Daerah Lain

SHARE

Publik-News.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mensinyalir tingkat korupsi paling tinggi berada di Jawa Timur. Hal ini jika didasarkan pada operasi tangkap tangan yang dilakukan satgas KPK dalam kurun waktu 2017. Operasi Tangkap Tangan dilakukan tim satgas KPK secara senyap di Jawa Timur.

Ketua KPK, Agus Rahardjo, meminta semua elemen masyarakat Jawa Timur menjadi bagian dalam pemberantasan korupsi. Sebab, korupsi merupakan kejahatan yang luar biasa dan dapat menyebabkan masyarakat terbelakang karena miskin.

“Makanya di Jatim juga cukup tinggi dibanding tempat lain,” ungkap Ketua KPK, Agus Rahardjo di kantornya, Jakarta, Rabu (27/12/2017).

Di antara wilayah di Jatim yang pernah disasar tim Satgas KPK adalah, Batu Malang; Mojokerto; Nganjuk; Pamekasan; dan Surabaya. Agus membantah anggapan bahwa maraknya OTT di Jatim atas “pesanan”.

Ditegaskan Agus, OTT itu murni atas laporan masyarakat yang masuk ke KPK. Sebab itu, Agus mengajak seluruh lapisan masyarakat di Tanah Air untuk lebih proaktif lagi melaporkan, jika ada praktik rasuah.‎

“OTT itu sebenernya pengaduan masyarakat. Saya mengajak temen-teman dari rakyat indonesia yang punya data dan informasi ya laporkan saja ke KPK. Karena dari laporan itu kita bisa lakukan tindakan-tindakan,” tandas Agus.

Seperti diberitakan sebelumnya, KPK melakukan 19 kali OTT dalam kurun 2017. Jumlah tersebut melampaui capaian tahun sebelumnya, yakni 17 kali OTT. ‎ Dari 19 kali OTT itu, lembaga antikorupsi menetapkan 72 orang sebagai tersangka.‎

Mereka yang ditetapkan sebagai tersangka terdiri dari beragam latar belakang. Mulai dari aparat penegak hukum, anggota legislatif hingga kepala daerah.‎ (Js/PN)

SHARE
Comment