Ketua MPR Ingatkan Pancasila Jangan Dirobek

Ketua MPR Ingatkan Pancasila Jangan Dirobek

SHARE

Publik-News.com – Ketua MPR, Zulkifli Hasan mengingatkan semua pihak untuk selalu menjaga dan mempertahankan pancasila sebagai idelologi negara. Saat ini sudah banyak gangguan yang mengancam keberadaan pancasila

“Karena itu, sebagai pemimpin kita tidak boleh membiarkan Indonesia ini robek dan koyak. Kita tidak boleh membiarkan Pancasila dan UUD 1945 dicampakkan dan hanya menjadi Simbol. Pancasila adalah rujukan bersama,” ungkap Zulkifli saat menyampaikan pidato pembuka dalam Sidang Tahunan 2017 di Gedung Paripurna I, Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (16/8/2017).

Menurutnya, perjalan bangsa ini penuh dengan perjuangan yang dimulai dengan dijajah oleh kolonialisme. Hingga akhirnya bisa merdeka dan pancasila hadir sebagai idelologi negara yang digagas oleh pendiri bangsa saat itu.

Zulkifli menjelaskan sejak dekrit Presiden 5 Juli 1959 yang dikeluarkan presiden Soekarno menyatakan kembali ke UUD 1945. Bahkan ,kata dia,  Bung Karno juga menyatakan bahwa Piagam Jakarta menjiwai UUD 1945 dan merupakan suatu rangkaian satu kesatuan.

“Sejak saat itu, kita sebagai negara tak pernah mengutak-atik lagi tentang ideologi negara, falsafah negara, maupun ideologi negara Pancasila,” ujar Zulkifli

“Kami percaya Pancasila dan UUD 1945 bukan palugada terhadap pihak yg tidak satu pandangan, tidak satu barisan dalam berindonesia,” katanya menambahkan.

Ketum PAN itu mengaku prihatin atas kondisi bangsa ini. Di mana banyak pemimpin bangsa yang tidak memiliki keteladanan yang baik.

“Kita kurang empati pada sesama anak-anak Bangsa. Selalu menganggap diri yang paling benar,” kata Zulkifli.(Fq)

 

 

SHARE
Comment