Ketua MPR Sebut Kebhinnekaan Saat Ini Sudah Dipolitisasi

Ketua MPR Sebut Kebhinnekaan Saat Ini Sudah Dipolitisasi

SHARE

Publik-News.com – Ketua MPR Zulkifli Hasan berharap semua pihak bisa merealisasikan kebhinekaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Karena menurutnya, kebhinnekaan saat ini banyak dipolitisasi.

“Dewasa ini kebinekaan sering dipolitisasi oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Contoh, dalam pilkada DKI kemarin, yang pilih pak Ahok disebut kelompok radikal, yang pilih Anies disebut anti-Pancasila,” kata Zulkifli saat memberikan kuliah umum bertajuk ‘Merawat Indonesia yang Majemuk Melalui Penanaman Nilai Konsensus Dasar Kebangsaan di Perguruan Tinggi’ di Unoversitas Negeri Makassar, Minggu (7/5/2017).

Menurutnya, pilihan politik dan memilih adalah hak asasi yang dijamin undang-undang. Maka itu, kata dia, pilihan politik seseorang harus dihormati.

“Perlu kita memperkokoh persatuan, nilai-nilai luhur keindonesiaan kita agar tidak salah paham, agar tidak pilkada itu menjadi ajang pertarungan tapi ajang untuk persatuan. Jadi perlu memasyarakatkan nilai-nilai luhur ke Indonesiaan kita,” tuturnya.

Politisi PAN ini kemudian meminta pemerintah untuk menindak tegas kelompok radikal yang tidak sesuai dengan pancasila.

“Kalau ada yang melanggar hukum ya ditindak tapi harus jelas, ada pasalnya, kalau tidak ada aturannya (tentang kelompok radikal) ya dibuat aturannya. Kan ada DPR. Kalau ada dianggap kelompok radikal ditindak, ada pengadilan, bisa lewat pengadilan,” ujar mantan Menteri Kehutanan itu.(Fq)

 

SHARE
Comment