Kisruh Angkutan Online dan Konvensional, KPPU: Pemerintah Harus Tegas Dong!!

Kisruh Angkutan Online dan Konvensional, KPPU: Pemerintah Harus Tegas Dong!!

SHARE

Publik-News.copm – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menyebut kisruh yang terjadi dibeberapa kota terkait angkutan online dan angkutan konvensional disebabkan tidak hadirnya pemerintah untuk menyelesaikan inti persoalan.

Ketua KPPU, Syarkawi Rauf menilai perseteruan antara dua angkutan itu tidak adanya keberpihakan terhadap angkutan konvensional. Msialnya, tidak seragamnya kebijakan kewajiban membayar pajak dan uji kelayakan kendaraan.

Maka itu, ia menganggap wajar apabila timbul protes dari angkutan konvensioanl karena mereka menganggap pemerintah tidak adil dengan mempermudah segala hal yang berkaitan dengan administrasi maupun dari segi tarif untuk angkutan online.

“Kebijakan di sektor jasa transportasi, regulasi yang digunakan baik untuk angkutan konvensional maupun online harus sama. Sehingga, masing-masing pelaku usaha bisa bersaing satu sama lain,” kata Syarkawi, Sabtu (25/3/2017).

Disamping itu, lanjut dia, semua pelaku usaha itu harus diberlakukan dengan adil. Termasuk, kata dia, untuk memberikan sanksi harus sama ketika kedapatan dua angkutan itu melakukan pelanggaran.

“Dengan begitu, seluruh pelaku usaha akan merasa mendapatkan perlakuan yang sama,” pungkas Syarkawi.(Fq)

SHARE
Comment