Home Nasional Komentar Mahfud Atas Penangkapan Rachmawati Cs

Komentar Mahfud Atas Penangkapan Rachmawati Cs

Publik-News.com-Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud Md menanggapi soal penangkapan sejumlah aktivis yang dituduh karena makar.

Menurutnya, tuduhan itu bisa berbahaya apabila karena alasan politik. Karena dalam hukum sendiri pelaku makar bisa dijerat dengan hukuman seumur hidup. “Tetapi, kalau penangkapan itu dikaitkan dengan kondisi politik, baru itu tidak benar,” katanya di kompleks kantor Gubernur DI Yogyakarta, Jumat, 2 Desember 2016.

Kondisi politik itu, lanjutnya, bisa berkaitan dengan demo bela islam sehingga mereka ditangkap karena dihawatirkan membuat makar

“Kalau penangkapan itu memang dilakukan terkait dengan upaya menjatuhkan pemerintah dengan cara yang tidak sah dan melanggar hukum, maka itulah makar,” kata Mahfud. “Itu bisa ditindak bahkan dengan upaya preventif sekalipun.”

Menurut Mahfud, apabia polisi mempunyai bukti dan  bisa dipertanggunggjawabkan, maka langkah polisi tersebut tidak bisa disalahkan.

“Kalau memang polisi punya beberapa bukti awal untuk (penangkapan) itu, ya, kita tidak bisa menolak dan menyalahkan polisi,” ujarnya

Mahfud menambahkan, tindakan untuk melakukan penangkapan terhadap pelaku makar bisa saja dilakukan meskipun pelaku belum melakukan perbuatannya, tetapi polisi juga tidak bisa memaksakan apabila nantinya tidak ditemukan alat bukti.

“Kalau memang benar ada upaya makar, diumumkan saja apa langkah kepolisian. Tapi, kalau tidak terbukti, ya, segera dilepaskan,” ujarnya.

Sebelumnya , jajaran Polda Metro Jaya menangkap sejumlah tokoh dengan tuduhan akan melakukan makar saat demo bela islam berlangsung. Mereka antara lain, aktivis senior seperti Sri Bintang Pamungkas, Rachmawati Soekarnoputri, Ratna Sarumpaet, musisi dan calon wakil bupati Bekasi, Ahmad Dhani, Mayjen (Purn) TNI Kivlan Zien, dan Brigjen (Purn) TNI Adityawarna Thaha. (faruq)

 

Comment