Komisi X DPR Segera Gelar Raker Dengan Mendikbud Soal Pemotongan Anggaran TPG

Komisi X DPR Segera Gelar Raker Dengan Mendikbud Soal Pemotongan Anggaran TPG

SHARE

Publik-News.com – Wakil ketua komisi X DPR Dadang Rusdiana mengatakan pihaknya akan segera menggelar rapat kerja dengan menteri pendidikan dan kebudayaan (Mendikbud) Muhajir Effendy dalam rangka membahas rencana pemerintah memotong anggaran tunjangan profesi guru. Menurut Dadang, prioritas utama rapat ditujukan untuk mengantisipasi terjadinya pemotongan anggaran yang tidak tepat.

“Jadi nanti dalam raker dengan Mendikbud kita akan bahas. Karena tentunya pemotongan anggaran tidak boleh menyisir anggaran yang sifatnya wajib, sebagaimana diatur oleh UU,” ujar Dadang saat dihubungi di Jakarta, Selasa (30/8/2016).

Dadang mengatakan pihaknya tengah melakukan pendalaman dalam persiapan sebelum rapat bersama Mendikbud.

Lebih lanjut politisi Hanura ini mengungkapkan pihaknya khawatir kebijakan Kementerian Keuangan memotong TPG justru melanggar Undang-Undang. Sehingga, dibutuhkan waktu untuk mempelajari data-data penting yang berkaitan dengan persoalan tersebut.

“Ini kan sedang dipelajari lebih lanjut oleh Komisi X, yang tentunya akan didalami dalam rapat kerja. Karena berdasarkan penjelasan dari Kemenkeu bahwa pemotongan itu berasal dari Tunjangan Profesi Guru yang telah memasuki usia pensiun dan memang guru yang belum berhak mendapat tunjangan profesi tersebut. Bukan memotong dari guru yang sedang mendapat tunjangan,” ucapnya.

Pemerintah berencana melakukan pemotongan tunjangan profesi Guru sebesar Rp 23,4 triliun pada APBN-P 2016. Pemotongan diasumsikan sebagai upaya penghematan transfer ke daerah sebesar Rp 70,1 triliun.(Ahmad)

SHARE
Comment