Home Nasional Komnas HAM Minta Jokowi Jangan Bertele-tele Cabut Izin Pabrik Semen Rembang

Komnas HAM Minta Jokowi Jangan Bertele-tele Cabut Izin Pabrik Semen Rembang

75

Publik-News.com – Komisioner Komnas HAM Muhammad Nurkhoiron meminta Presiden Jokowi segera mengambil keputusan terkait kisruh PT Semen Indonesia (Persero) Tbk di Pegunungan Kendeng, Rembang.

Menurutnya, apabila Jokowi memang benar-benar membela wong cilik, Jokowi bisa menggunakah hak prerogatif untuk mencabut penerbitan izin pembangunan semen tersebut.

“Yang disayangkan, saat ini Presiden seolah-olah melempar tanggung jawab kepada gubernur,” ujarnya di Jakarta, Jumat (24/3/2017).

Ia mengaku Komnas HAM sudah membentuk tim untuk memantau proses pembangunan pabrik semen. Sementara hasil dari pementauan itu, kata dia, sudah disampaikan kepada Jokowi dan DPR

“Potensi masalah HAM di Kendeng sudah kami kirimkan sekitar September 2016,” tuturnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyebut pemerintah tidak bisa mengambil keputusan terkait izin lingkungan pabrik PT Semen Indonesia. Jokowi mengatakan keputusan pemerintah hanya terbatas pada penerbitan Kajian Lingkungan Hidup Strategis terkait cekunga air tanah.

“Tanyakan ke Gubernur Jawa Tengah. Yang lain-lain, silakan tanya ke Pemerintah Provinsi Jawa Tengah,” ujar Jokowi di Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.(Fq)

Comment