Home Regional Komnas PA Kecam Keterlibatan Anak Dalam Kampanye Djarot

Komnas PA Kecam Keterlibatan Anak Dalam Kampanye Djarot

Publik-News.com – Keterlibatan Anak dalam kampanye Cawagub Djarot Syaiful Hidayat, di Kalideres dan Cengkareng, pada Rabu (30/11/2016), yang melibatkan anak dibawah umur dikecam Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA).

Hal itu diungkapkan tegas Sekertaris Jenderal Komnas PA, Dhanang Sasongko. Dengan tegas dia menyatakan, Timses Djarot telah mengeksploitasi anak dibawah umur dalam berkampanye.

“Dalam undang-undang sudah jelas bahwa anak dibawah umur tidak diperbolehkan mengikuti kampanye,” tutur Dhanang saat dikonfirmasi melalui telepon selularnya,Senin (5/12/2016).

Sebelum masa kampanye, Komnas PA pun telah menyurati ketiga pasangan Cagub dan Cawagub DKI Jakarta, terkait larangan keterlibatan anak dibawah umur. Pasalnya, anak dibawah umur tak berhak menggeluti politik dan masih dalam masa pendidikan sekolah.

“Ini harus menjadi perhatian semua pihak. Apalagi dalam hal ini anak dibawah umur diajak berkampanye,” ungkapnya.

Dalam kasus ini, pihaknya akan segera menyurati Timses Djarot untuk memberikan teguran. Diskusi yang akan dilakukan Panwaslu Jakarta Barat pun tentu akan disambutnya dengan baik.

“Sanksinya bisa berupa teguran dan administrasi. Bahkan, bisa jadi sanksi bisa masuk ke ranah pidana. Semua akan kita kaji terlebih dahulu,” tutupnya.

Comment