Kompolnas Sepakat Kaesang Tak Menyebarkan Ujaran Kebencian

Kompolnas Sepakat Kaesang Tak Menyebarkan Ujaran Kebencian

SHARE

Publik-News.com – komisioner Kompolnas menilai video vlog Kaesang Pangarep, putra Presiden Joko Widodo, berjudul #BapakMintaProyek tidak mengandung unsur kebencian. Hal ini senada dengan pernyataan penyidik Polres Bekasi Kota.

“(Unsur pidana) Sangat tergantung dari penilaian penyidik. Karena tidak semua laporan masyarakat, di mana masyarakat menganggap sebagai tindak pidana, adalah benar sebagai tindak pidana,” kata Komisioner Kompolnas Bekto Suprapto, Jumat (7/7/2017).

Komisioner lainnya, Poengky Indarti mengungkapkan hal senada jika video yang diunggah putra bungsu Presiden Jokowi itu tidak mengandung hatespeech

“Kalau dianggap tidak memenuhi syarat untuk dilanjutkan perkaranya ya harus dihentikan. Kami melihat memang tidak ada unsur pidananya,” ujar Poengky.

Sebelumnya, polisi telah melakukan gelar perkara atas laporan yang dilayangkan Muhammad Hidayat terhadap Kaesang terkait sangkaan ujaran kebencian melalui media sosial Youtube. Hasilnya, polisi tidak menemukan unsur pidana ujaran kebencian.

“Sudah ada gelar perkara internal, sudah minta keterangan ahli, ujaran di videonya Kaesang tidak memenuhi unsur,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto kepada wartawan di Mabes Polri, Jl Trunojoyo Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (6/7). (Fq)

#

SHARE
Comment