Konflik SARA, Tanjung Balai Mencekam

Konflik SARA, Tanjung Balai Mencekam

SHARE

 

Publik-News.com – Kota Tanjung Balai, Sumatera Utara dalam kodisi mencekam. Ada kerusuhan yang berbau Suku, Agama, Ras dan Antar Golonga (SARA) yang tak bisa dikendalikan di Kabupaten Asahan tersebut pada Sabtu (30/7/2016) malam.

Berdasarkan infomasi yang dihimpun, konflik tersebut dipicu oleh salah seorang warga Tanjungbalai yang merasa terganggu dengan suara adzan dari masjid. Kemudian, ribuan orang turun ke jalan setelah mendengar adanya kabar tersebut. Setelah mendatangi rumah seorang warga beretnis Tionghoa itu, warga kemudian tak bisa menahan emosi sehingga terjadi perusakan rumah dengan lemparan bom melotov,

Tak berselang lama, warga kemudian memindahkan amarahnya ke jalan Asahan. Di sana ada sekitar 5 unit viahar dan kelenteng di rusak dibakar. Tak sampai di situ, mobil dan sepeda motor yang ditemukan warga juga dirusak dan d bakar.

Ratusan petugas kepolisian dikerahkan ke lokasi kerusuhan untuk meredakan massa yang anarkis. Beruntung tidak ada korban jiwa manusia dalam peritiwa yang terjadi di Tanjung Balai tersebut.

(Hurri Rauf)

SHARE
Comment