Home Nasional Korban Tewas 50 Orang, Wakil Presiden: Pemerintah Siapkan Segala Kebutuhan Korban Gempa...

Korban Tewas 50 Orang, Wakil Presiden: Pemerintah Siapkan Segala Kebutuhan Korban Gempa Aceh

68

Publik-News.com-Korban tewas tregedi gempa Aceh yang terjadi pada pagi ini menjadi 50 orang. Wakil Presiden Jusuf Kalla menyampaikan bela sungkawa atas musibah yang menimpa warga Aceh.

“Saya bicara dengan Kapolda. Saya juga berbicara Gubernur, Pak Zaini. Menurut Kapolda korban sudah lebih dari 50 yang meninggal,” kata JK di kantor Wapres, Jakarta, Rabu, 7 Desember 2016.

JK memastikan pemrintah akan selalu sigap dan menyiapkan segala kebutuhan untuk kebutuhan evakuasiĀ  terhadap korban tersebut.

“Jadi tentu kita harus siapkan semua. BNPB sudah ke sana, palang merah dari semua daerah juga sudah. Sore ini yang dekat-dekat sudah datang. Yang dari Jawa sore ini berangkat. Pemerintah sudah siapkan semuanya yang dibutuhkan,” ujarnya.

Terkait peningkatan status bencana tersebut menjadi bencana nasional, JK enggan untuk memberikan jawaban. Menurutnya, yang paling saat ini adalah menyiapkan segala keperluan masayarakat yang berada di titik gempa.

“Yang terpenting bencana ditangani secara sama. Yang penting bersama-sama daerah semua pihak masyarakat menangani,” tegasnya.

Mengenai kerugian materil atas tregedi gempa tersebut, JK mengatakan masih menunggu hasil dari tim yang sedang melakukan pendataan dan evakuasi terhadap korban

“Ya belum bisa kita nilai hari ini, mungkin satu dua hari ini setelah dilihat semuanya bisa diketahui berapa besar semuanya,” ujarnya.

JK menegaskan adanya bantuan dari pemerintah bukan lantas dipersepsikan berupa pinjaman yang harus diganti. Melainkan ini adalah tugas negara untuk membantu warganya ketika terjadi bencana alam.

“Pemerintah membantu, bukan mengganti. Membantu apakah rakyat yang kecil, yang kesulitan atau pun para pengusaha yang mengalami kesulitan dengan bermacam-macam cara, bukan mengganti tapi membantu,” tegasnya. (faruq)

 

 

 

 

 

Comment