KPI Sebut Kualitas Sinetron Makin Terpuruk

KPI Sebut Kualitas Sinetron Makin Terpuruk

SHARE

Publik-News.com – Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menilai lembaga penyiaran belum optimal melakukan perbaikan kualitas siaran, khususnya pada program infotaimemt dan sinetron.

Hal tersebut ditunjukkan dengan masih rendahnya nilai indexs yang didapat KPI darindua program tersebut dan dalam survey Indexa Kualitas Program Siaran Televisi periode kedua 2016.

Ketua KPI Pusat, Yuliandre Darwis memberikan catatam pada program sinetron yang dinilai indexsnya lebih rendah dari periode sebelumnya. Pada survey periode pertama ini, nilain indexs yang diperoleh sebesar 2,7.

Catatan dari panel ahli tentang program sinetron ini menunjukkan nilai rendah pada aspek membentuk watak dan jati diri bangsa, relevansi cerita, serta muatan tidak edukatif yang mendominasi wajah sinetron di televisi.

Sedangkan untuk program infotaiment, Yuliandre mengatakan, meskipin terdapat peningkatan nilai indexs dari periode lalu, nilainya tetap saja rendah yakni sebesar 2,64.

Catatan terbesar dari program infotaiment adalah rendahnya penghormatan terhadap kehidupan pribadi dalam program tersebut. Bahkan kecenderungannya justru membesar-besarkan ranah kehidupan pribadi.

“Panel ahali dalam survey ini mengakui ada aspek informatif dalam program infotaiment. Namun cerita yang cenderung sensasional lebih mendominasi,” kata Yuliandre.

Untuk itu, Yuliandre mengatakan bahwa KPI harus melakukan perbaikan secara total pada konsep sinetron dan infotaimeny yang hadir di televisi. Meskipun dalam penyiaran terdapat fungsi hiburan, namun hal tersebut tidak dapat mendominasi.

“Karena ada fungsi-fungsi lain dalam penyiaran yang harus hadir secara seimbang bagi kemaslahatan masyarakat,” tukasnya.
(Hurri Rauf)

SHARE
Comment