KPK Matangkan Konsep Untuk Tetapkan Novanto Jadi Tersangka Lagi

KPK Matangkan Konsep Untuk Tetapkan Novanto Jadi Tersangka Lagi

SHARE

Publik-News.com – Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan mengatakan, pihaknya tidak akan terburu-buru untun kembali menjerat Ketua DPR RI Setya Novanto sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi e-KTP.

Menurut Basaria, pihaknya akan lebih berhati-hati dan teliti lagi menangani dugaan tindak pidana yang melibatkan Novanto. Hal ini dilakukan KPK untuk mencegah gugatan praperadilan bila Novanto kembali dijadikan tersangka kasus yang diduga merugikan uang negara senilai Rp2,3 triliun itu.

“(Kami) mempertimbangkan semuanya secara detail dan secara baik sehingga nanti tidak terjadi hal yang sama berulang kali. Kami tidak mau ada penyidikan lagi kemudian praperadilan lagi,” kata Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Selasa (10/10/2017).

Basaria menegaskan, apabila semuanya sudah tersusun dengan sempurna, baik barang bukti dan yang lainnya barulah pihaknya akan kembali menetapkan Novanto sebagai tersangka.

“Kami mau yang sangat detail dan penyidik yakin dengan itu semuanya, baru kami akan maju. Jangan dipaksa-paksa dulu untuk maju sekarang,” ujar dia.

Status tersangka Setya Novanto dalam kasus dugaan korupsi e-KTP diketahuI lepas melalui gugatan praperadilan. Hakim tunggal Cepi Iskandar dalam amar putusannya menyebut penetapan tersangka kepada Novanto tidak sah karena dilakukan di awal penyidikan. (IN/PN)

Comment