Home Hukum KPK Minta Dilibatkan Dalam Proses Perekrutan Kader PPP

KPK Minta Dilibatkan Dalam Proses Perekrutan Kader PPP

Publik-News.com – Usai menyambangi Partai Demokrat dan NasDem, kini giliran Kantor DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang didatangi KPK.

KPK yang diwakili Direktur Pencegahan Pahala Nainggolan, menjelaskan kedatangannya ini untuk meminimalisir potensi adanya korupsi. Dalam catatannya, sebanyak 35 persen kasus di KPK diisi oleh kader partai politik.

“Makanya kita pikir partai itu harus ikut bertanggungjawab, kita minta partai memperbaiki pengkaderannya,” kata Pahala di Kantor DPP PPP, Jalan Tebet Barat IX. Jakarta , Jumat (15/9/2017).

Selain itu, KPK meminta partai politik untuk membenahi sistem keuangan. Karena bagi KPK, transparansi adalah hal yang paling penting dalam pengelolaan keuangan.

“Kita minta partai punya kode etik dan rekruitmen yang lebih terbuka,” ujarnya.

KPK berharap partai politik bisa melibatkan KPK dalam proses perekrutan kader yang tujuannya agar parpol benar-benar memiliki kader yang berintegritas.

“Di proses pembekalan baik kader muda sampai kader yang mau calon legislator kepala daerah nanti. Kita mau rilis aja menawarkan kerja sama supaya PPP berintegritas,” ujarnya.

“Kita tawarkan kerjasama untuk memperbaiki partai dari poin itu agar mereka lebih kuat dalam arti kader politik atau pejabat publik paling tidak mereka tau lah apa yang boleh dan enggak boleh, apa yang pantas dan apa yang enggak pantas,” imbuhnya.

Hadir dalam pertemuan itu Sekjen Arsul Sani, Bendahara Umum Tommy Soetomo, Wakil Ketua Umum Mansyur Kardi, Wasekjen Ahmad Baidowi dan Ketua OKK DPP PPP M Qoyum Abdu Jabar.(Fq)

 

Comment