KPK Panggil Mantan Anggota DPR Komisi II

KPK Panggil Mantan Anggota DPR Komisi II

SHARE

Publik-News.com – Komisi Pemberantasan Korupsi semakin gencar menyelidiki kasus dugaan korupsi pengadaan Kartu Tanda Penduduk berbasis elektronik (e-KTP). Demi kepentingan pendalaman, KPK segera memanggil sejumalh saksi yang ditengarai memiliki keterkaitan dengan kasus tersebut.

Salah satu yang akan diperiksa KPK diantaranya mantan anggota komisi II DPR fraksi Golkar Chairuman Harahap. Mantan Cagub Sumatera Utara usungan Golkar itu akan dimintai keterangan dan kelengkapan berkas penyidikan atas tersangka ihwal kasus e-KPTP yakni mantan Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri.

“Yang bersangkutan akan di periksa sebagai saksi untuk tersangka IR (Irman),” ujar kepala Biro Humas KPK, Yuyuk Andriati di kantor KPK, Kuningan, Jakarta, Senin ((10/10/2016).

Yuyuk menambahkan sejumlah pihak akan turut dipanggil dengan status sebagai saksi sebagaimana Chairuman dalam kasus yang sama. Diantaranya, Ditjend Dukcapil Drajat Wisnu Setyawan, Staff Tata Usaha Ditjend Dukcapil Henry Manik, Kassubag Data dan Informasi Ditjend Dukcapil Djoko Kartiko Krisno dan PNS Dukcapil Pringgo Hadi Tjahjono.

“Mereka juga akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka IR,” ungkapnya.

Sementara itu, Irman juga akan menjalani proses pemeriksaan lanjutan yang akan dilakukan KPK pada hari ini.

Seperti diketahui, KPK telah menetapkan dua tersaangka sekaligus terkait kasus pengadaan e-KTP. Selain Irman, KPK telah menersangkakan Pejabat Pembuat Komitmen Proyek Sugiharto.

Proyek pengadaan e-KTP menghabiskan anggaran hingga Rp6 Triliun. Dari kalkulasi BPKP melalui pendalaman sementara, KPK menyimpulkan uang yang dikorupsi dalam kasus tersebut mencapai Rp2 Triliun. (Ahmad)

SHARE
Comment