KPK Pindahkan 11 Tahanan ke Rutan Barunya

KPK Pindahkan 11 Tahanan ke Rutan Barunya

SHARE

Publik-News.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah meresmikan operasional rumah tahanan negara klas 1 Jakarta Timur Cabang Rutan KPK, Jumat, (6/10/2017). Rutan baru ini terletak di bagian belakang Gedung Merah Putih, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan.

Ketua KPK, Agus Rahardjo mengatakan pihaknya sore ini akan memindahkan para tahanan yang berada di rutan cabang gedung KPK di Jalan HR Rasuna Said C1, Jakarta Selatan ke rutan baru.

“Tahan dari C1 nanti dipindahkan kesini. Sore ini mudah-mudahan dipindahkan semua yang dari C1‎ kesini,” ucap Agus.

Tahanan yang akan dipindah berasal dari beragam latar belakang. Tahanan perempuan, yakni: Wali Kota Tegal nonaktif Siti Masitha Soeparno, anggota DPR Miryam S. Haryani, hakim nonaktif Pengadilan Tipikor Bengkulu Dewi Suryana, PNS Syuhadatul Islamy, Sekretaris CV Sumber Laut Perkasa Ng Fenny.

SedangKan untuk tahanan pria, yakni: tersangka kasus KTP elektronik Andi Agustinus alias Andi Narogong, auditor BPK Rochmadi Saptogiri, panitera pengganti PN Bengkulu Hendra Kurniawan, Direktur Utama PT Aqumarine Divindo Inspection Yunus Nafik, Wali Kota Cilegon Tubagus Iman Ariyadi, dan Sujendi.

Menurut Agus pemindahan ini lantaran rutan di Gedung KPK Kavling C1 akan direnovasi sehingga rutannya harus ditutup sementara.

Untuk diketahui, cabang rutan KPK ini, terdiri dari 2 lantai: Lantai Dasar dan Mezzanine. Kapasitasnya 37 tahanan, terdiri dari 29 tahanan pria dan 8 tahanan wanita.

Sedangkan jam berkunjungnya sama dengan Rutan Gedung KPK Kavling C1 yaitu Senin-Jumat saat jam kerja untuk penasihat hukum. Senin dan Kamis untuk keluarga.

Di dalam rumah tahanan, terdapat ruang isolasi untuk orientasi tahanan baru. Kemudian terdapat sel yang terdiri dari 5 dan 3 tahanan.

Saat tiba, tahanan akan mendapatkan sprei, sarung bantal, selimut, perlengkapan mandi, dan satu stel baju training olahraga. Terdapat tempat olahraga atau kalau menurut istilah Ditjen PAS disebutnya tempat berangin-angin.

Rutan punya aturan kunjungan ke tempat berangin-angin ini:

a. Tanggal genap

Pria 06.00-08.00
Wanita 17.00-18.00

b. Tanggal ganjil

Pria 17.00-18.00
Wanita 06.00-08.00.

Ruang ibadah untuk non muslim adalah di ruang bertemu keluarga. Salat Jumat untuk muslim adalah di ruang tv, dengan menarik gambar dari masjid gedung penunjang KPK. (NS)

SHARE
Comment