Home Regional KPU DKI Sudah Siapkan 160 Operator Untuk Scan Formulir C1

KPU DKI Sudah Siapkan 160 Operator Untuk Scan Formulir C1

115

Publik-News.com – Komisi Pemilihan Umum Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta menargetkan proses pemindaian (scanning) formulir C1 selesai dalam waktu dua hari, sehingga disiapkan 160 operator untuk melakukannya untuk memasukan data hasil Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2017.

“Kami lakukan scan C1 yang sertifikat hasil penghitungan suara dan akan ada entri data, KPU DKI sudah siapkan 160 operator untuk melakukan itu dan akan ditampilkan di layar perkembangan tiap-tiap TPS,” kata Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta Sumarno di Kantor KPU Jakarta, Rabu, (15/2/2017).

Dia menargetkan proses scan itu selesai dalam waktu dua hari di 13.023 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Sumarno menjelaskan bahwa ada dua sistem yang digunakan KPU Jakarta untuk tabulasi jumlah perolehan hasil suara yaitu melalui program Sistem Informasi Perhitungan Suara (SITUNG) dan perhitungan manual.

“Perhitungan manual yang akan dijadikan data resmi KPU. Jadi, ini akan dilakukan perhitungan secara berjenjang,” ujarnya.

Dia menjelaskan dalam hasil perhitungan suara di TPS semua dokumen dimasukan dalam kotak suara dan pada Rabu malam (15/2) dikirim ke kecamatan untuk disiapkan rekapitulasi mulai 16–22 Februari 2017.

Menurut dia setelah selesai di kecamatan lalu dikirim ke tingkat kota untuk dilakukan rekapitulasi sampai tanggal 25 Februari.

“Setelah selesai di kota, ada rekapitulasi di tingkat provinsi pada 25–27 Februari. KPU DKI akan lakukan penetapan hasil tanggal 4 Maret sambil menunggu apakah ada gugatan terhadap hasil pilkada kita ke Mahkamah Konstitusi,” katanya.

Sumarno mengatakanbahwa jika tidak ada gugatan, maka KPU akan menetapkan dan masyarakat akan tahu apakah Pilkada DKI Jakarta 2017 berlangsung satu atau dua putaran.

Kalau ada calon yang memperoleh suara lebih dari 50 persen suara sah, dikemukakannya, maka dipastikan hanya satu putaran. Kemudian, ditambahkannya, kalau tidak ada yang mencapai, maka Pilkada DKI Jakarta berlangsung dua putaran.

KPU Provinsi DKI Jakarta telah menetapkan jadwal pemungutan suara Pilkada DKI Jakarta pada 15 Februari 2017.

Ada tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta yang bertarung dalam Pilkada Jakarta yaitu Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, Basuki T Purnama-Djarot Saiful Hidayat, dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Dalam Pilkada 2017, total Daftar Pemilih Tetap di DKI Jakarta sebanyak 7.108.589 dan KPU Jakarta telah menyiapkan 7,2 juta surat suara. Dalam Pilkada DKI Jakarta terdapat 13.023 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Sumber: Antara

Comment