Kronologis Rumah Pergerakan Aktivis Di Cempaka Putih Terbakar

Kronologis Rumah Pergerakan Aktivis Di Cempaka Putih Terbakar

SHARE

Publik-News.com – Rumah pergekaran yang terletak di Jl Cempaka Putih Tengah, Jakarta Pusat terbakar pada Jumat (25/11/2016) malam. Saat kebakaran terjadi, rumah ini dijadikan tempat konsolidasi rapat terkait rencana aksi unjuk rasa damai “Bela Islam” jilid III yang bakal berlangsung pada 2 Desember 2016 mendatang.

Berikut kronologis terbakarnya rumah pergerakan yang dipaparkan salah seorang aktivis Rusdianto Samawa kepada Publik-News.com, Sabtu (26/11/2016)

Beberapa elemen aktivis BEM kampus se tanah Air dan elemen aktivis Muhammadiyah, sedang melakukan rapat persiapan aksi damai 212 bersama ulama pada tanggal 2 Desember 2016 mendatang.

Fokus rapatnya di Rumah Pergerakan Jalan cempaka XVI No. 8 Jakarta Pusat. Pada saat rapat dimulai pukul 20.00 berjalan sekitar 1 jam lebih. Posisi api muncul dari kamar belakang yang berdekatan dengan Musollah.

Tentu peserta rapat kaget dan segera berupaya memadamkan api. Mereka berbagi tugas, ada yang mematikan kontak meteran listrik karena dalam posisi menyala. Ada juga, yang berupaya memadamkan dengan air seadanya.

Terlebih, kawan-kawan lain sambil lari keluar mencari bantuan untuk menghubungi Damkar dan petugas Pemadam kebakaran.

Lama kebakaran berlangsung sekitar 10 menit si jago merah (api) sudah menghanguskan seperdua rumah. Kemudian, dalam 10 menit terakhir, posisi rumah sudah gosong karena api melahapnya.

Tetapi, perlu juga di ketahui, bahwa damkar dan petugas pemadam kebakaran datang sekitar 10 menit api berlangsung membakar rumah.

Mobil damkar dan pemadam kebakaran membutuhkan waktu 20 menit untuk mematikan api. Namun, sudah tidak tersisa dan rumah posisinya ludes.

Akibat kerugian kebakaran ini belum di pastikan. Tetapi diperkirakan mencapai 700 Miliyar lebih.

Penyebab kebakaran Rumah Pergerakan atau Kantor BEN Institut di bawah Pimpinan Beni Pramula Aktivis Mantan Ketua Umum DPP Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah ini dalam analisa bahwa ada indikasi sabotase menjelang demonstrasi 212 Bela Islam Jilid III.

Namun, komponen aktivis Indonesia dan Organisasi Alumni Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (FOKAL IMM) mendesak agar kantor Rumah Pergerakan itu segera di usut dan diperiksa oleh pihak yang berwajib. (HR)

SHARE
Comment