La Nyalla Bebas, KY Minta Dievaluasi

La Nyalla Bebas, KY Minta Dievaluasi

SHARE

Publik-News.com – Juru Bicara Komisi Yudisial (KY) Farid Wajdi mengatakan vonis bebas yang dikeluarkan Pengadilan Tipikor Jakarta kepada Nyalla Mahmud Mattalitti akan menjadi evaluasi bagi kejaksaan

Menurut Farid, kasus ini prosesnya sudah lumayan panjang. Karena sudah beberapakali di bawa ke pengadilan untuk di dipraperadilankan.

“Bisa jadi ada hal yang harus diperbaiki,” ujar Farid melalui keterangan pers, Rabu (28/12/2016).

Namun demikian, Farid meminta semua pihak harus mengahormati apa yang sudah menjadi keputusan pengadilan. “Termasuk melakukan kerja sama intensif jika mungkin dengan aparat yang lain, seperti KPK misalnya,” ucap Farid.

Seperti diketahui, majelis hakim tidak menemukan bukti yang sah dan menyakin keterlibatan La Nyalla dalam kasus korupsi dana hibah pengembangan ekonomi Provinsi Jawa Timur sehingga dinyatakan bebas dari jeratan hukum

Dari kelima hakim, hanya dua hakim yang menyatakan berbeda pendapat, yakni Hakim Sigit Herman Binaji dan Anwar.

Dalam kasus ini, La Nyalla sebelumnya ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Tinggi Jawa Timur atas kasus penggunaan dana hibah Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur untuk pembelian saham perdana (IPO) pada 2012.

Total kerugian negara atas korupsi ini mencapai Rp 5,3 miliar. Uang ini digunakan untuk membeli saham perdana di Bank Jatim. Atas pembelian ini, La Nyalla diduga mendapat keuntungan sebesar Rp 1,1 miliar.

Atas kasus ini, La Nyalla dijerat Pasal 2 ayat 1 dan Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Tindak Pidana Korupsi.(Fq)

 

Comment