Lafran Pane Jadi Pahlawan Nasional, Hamdan Zoelva: Jayalah HMI, Jayalah Indonesia

Lafran Pane Jadi Pahlawan Nasional, Hamdan Zoelva: Jayalah HMI, Jayalah Indonesia

SHARE

Publik-News.com – Mantan Ketua Mahkamah Kontitusi (MK) Hamdan Zoelva cukup bangga dengan gelar pahlawan nasional yang diberikan pemerintah kepada pendiri Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Lafran Pane.

“Kita semua bersyukur kepada Allah SWT, atas Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional kepada Prof. Lafran Pane, Bapak Pendiri HMI). Jayalah HMI, Jayalah Indonesia!!!, ujar Hamdan melalu siaran persnya, Kamis (9/11/2017).

Menurutnya, kita semua yang telah banyak menimba pendidikan dan gemblengan sebagai Anggota, Kader, Aktivis maupun Fungsionaris HMI menyambut dengan suka cita dan bergembira atas Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional tersebut.

Anugerah gelar pahlawan kepada pendiri HMI itu, katanya, menunjukkan adanya Pengakuan NKRI terhadap HMI sebagai organisasi kemahasiswaan yang telah mempunyai andil yang cukup besar dalam usaha mempertahankan kemerdekaan Indonesia, dan mengisi kemerdekaan terutama pada masa revolusi fisik.

“Perjuangan Prof. Lafran harus menjadi pelajaran dan inspirasi bagi kita semua yang pernah dikader dan digembleng di HMI, bahwa mempertahankan dan menjayakan Indonesia haruslah dibangun di atas dua prinsip utama yaitu terus memperkuat dan mengembangkan nilai-nilai ke-Islaman dan memperkuat serta mengembangkan nilai-nilainke-Indonesiaan dalam satu kesatuan yang utuh,” tukasnya.

Hal itu, Hamdan menambahkan, harus menjadi identitas kader HMI yang saling bersatu padu dengan dengan kualitas insan cita demi terwujudnya masyarakat adil makmur yang diridhoi Allah SWT. Perjuangan dan keichlasan hati Lafran Pane harus menjadi teladan dan inspirasi bagi kita semua dalam bekhidmat bagi bangsa, negara dan ummat yang kita cintai.

“Lafran Pane juga harus menjadi idola, contoh dan tauladan bagi kita semua membesarkan HMI serta organisasi para alumni HMi yaitu KAHMI bagi terwujudnya masyarakat adil makmur yang diridlai Allah SWT,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo di Istana Negara menganugerahkan Gelar Pahlawan Nasional melalui Keputusan Presiden RI Nomor 115/TK/TAHUN 2017 tanggal 6 November 2017 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional kepada almarhum Lafran Pane dan tiga tokoh lainnya, yakni almarhum TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid, almarhum Laksamana Malahayati, dan almarhum Sultan Mahmud Riayat Syah.

Acara penganugerahan tersebut dilaksanakan sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari Pahlawan Nasional Tahun 2017. (RF/PN).

Comment