Luhut Janjikan Kompensasi Rumah Dan Kapal Bagi Nelayan Korban Reklamasi

Luhut Janjikan Kompensasi Rumah Dan Kapal Bagi Nelayan Korban Reklamasi

SHARE

Publik-News.com – Reklamasi terus mendapatkan penentangan dari warga sekitar pantai utara, Jakarta Utara. Pasalnya, pemerintah terpaksa harus menggusur sejumlah pemukiman warga di sekitar pembangunan reklamasi.

Menteri Kordinator Maritim Luhut Binsar Panjaitan menegaskan pemerintah akan bertanggungjawab untuk memberikan kompensasi bagi warga korban reklamasi. Setidaknya, Luhut berjanji akan menyiapkan rumah beserta sekolah.

“Kami hitung ada 12 ribu. Semua akan diurus dengan baik. Mereka akan dapat rumah, kemarin sudah dipaparin. Mereka dapat bantuan sekolah anaknya,” ujar Luhut saat menyambangi gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (14/9/2016).

Selain rumah dan sekolah, Luhut memastikan pemerintah akan menyalurkan sejumlah peralatan untuk mata pencaharian masayarakat nelayan sekitar pantai.

“Kapal mereka sudah diberikan 1900-an kapal,” sebutnya.

Luhut menyampaikan pemerintah tidak membiarkan begitu saja nasib nelayan di pantai utara Jakarta. Kata Luhut, pemerintah sudah memproyeksikan area penangkapan ikan yang diperkirakan dapat memnuhi kebutuhan mereka.

“Nanti mereka memang kalau. Di daerah itu tidak bisa melaut lagi, karena sudah tercemar dari dulu. Jadi mereka melaut 10-12 kilometer dari tempat sekarang. Malah mereka sudah ada di Natuna sekarang,” paparnya.(Ahmad)

SHARE
Comment