Lupakan Sejenak Pembubaran HTI, Fokus Saja Kawal Sidang Vonis Ahok

Lupakan Sejenak Pembubaran HTI, Fokus Saja Kawal Sidang Vonis Ahok

SHARE

Publik-News.com – Pembubaran ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) oleh pemerintah jangan sampai membuat umat Islam lengah mengawal sidang lanjutan penodaan agama dengan terdakwa Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama alias Ahok.

Sidang lanjutan Ahok ini akan digelar di gedung Kementerian Pertanian (Kementan), Selasa (8/5/2017) besok. Agenda sidang ini membacakan vonis untuk Ahok. Sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) mengeluarkan tuntutan 1 tahun penjara dan 2 tahun masa percobaan kepada Ahok.

Namun, umat Islam yang tergabung dalam Gerakan Nasional Pengawal Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI) tidak terima atas tuntutan jaksa tersebut. Mereka kemuduan menggelar aksi simpatik 505 dan menumui pihak Mahkamah Agung (MA).

Dalam pertemuan dengan pihak MA, perwakilan massa aksi meminta agar keadilan dalam kasus penistaan agama yang diduga dilakukan Ahok ini ditegakkan secara adil. Tuntutan jaksa kepada Ahok dianggap jauh dari rasa keadilan.

Kemudian, umat Islam tak boleh lengah mengawal kasus penistaan agama ini. Umat Islam harus menyuarakan aspirasinya saat sidang pembacaan vonis kepada Ahok berlangsung. Jika Ahok divonis sesuai dengan tuntutan jaksa, maka penodaan agama berpotensi menjadi virus di negara ini. Dan persatuan dan keutuhan NKRI akhirnya terancam pecah.

Lupakan dulu sikap pemerintah yang sudah membubarkan ormas HTI. Toh, ada mekanisme dan tahapan yang harus ditempuh pemerintah jika kita mengacu pada Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 Tentang Organisasi Masyarakat. (PN)

Comment