MA Bilang KPK Bisa Jadikan Setya Novanto Tersangka Lagi

MA Bilang KPK Bisa Jadikan Setya Novanto Tersangka Lagi

SHARE

Publik-News.com – Ketua DPR RI, Setya Novanto tak boleh bangga dulu meski sudah memenangkan praperadilan dalam kasus dugaan korupsi KTP-elektronik. Sebab, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang menangani kasus Setua Novanto, bisa saja mengeluarkan sprindik baru untuk menjerat Novanto kembali sebagai tersangka.

Kabiro Hukum dan Humas MA, Abdullah, mengatakan bahwa putusan praperadilan kepada Novanto tersebut tidak menggugurkan dugaan tindak pidana yang ada. Sebab, putusan Hakim Tunggal Cepi Iskandar hanya mengabulkan tentang tidak sahnya penetapan tersangka.

“Tidak menggugurkan kewenangan penyidik untuk menetapkan (Setya Novanto) sebagai tersangka lagi setelah memenuhi paling sedikit dua bukti baru yang sah,” kata Kabiro Hukum dan Humas MA, Abdullah, Jumat (6/10/2017)

Menurut Abdullah, KPK diyakini tak akan kesulitan kembali menetapkan Ketua Umum Partai Golkar sebagai tersangka kasus dugaan korupsi yang ditaksir telah merugikan uang negara senilai Rp 2,3 triliun. Sebab, KPK menegaskan punya banyak bukti dugaan keterlibatan Novanto.

“Saya mendengar (KPK) sudah punya banyak bukti yang dikumpulkan saya rasa itu tidak sulit untuk menetapkan kembali (Setya Novanto),” ujar dia.

Kemudian, lanjut dia, semua bergantung pada KPK untuk mengambil sikap atas putusan praperadilan tersebut. “Kalau memang KPK mau meneruskan itu (bisa saja). Jadi serahkan lah kepada KPK, KPK itu penyidiknya sudah tahu dari awal menuntutnya juga sudah tahu dari awal, tentunya sudah ada perhitungan-perhitungan itu,” ungkapnya. (IN)

 

Comment