MA Tegaskan Pelantikan DPD Tak Salahi Aturan

MA Tegaskan Pelantikan DPD Tak Salahi Aturan

SHARE

Publik-News.com – Mahkamah Agung (MA) menegaskan pemanduan sumpah pimpinan DPD oleh Wakil Ketua MA Suwardi tidak menyalahi aturan.

“Kami yakin bahwa yang dilakukan oleh MA telah sesuai dengan ketentuan yang berlaku, tidak menyalahi aturan,” kata Hakim Yustisial pada Biro Hukum dan Humas MA Witanto melalui pesan singkat yang diterima di Jakarta, Jumat (9/6/2017).

Menurutnya, MA tidak memperkirakan bahwa PTNU akhirnya memutuskan untuk tidak menerima gugatan anggota DPD GKR Hemas, terkait pemanduan sumpah ini.

“Kami tidak bisa memastikan apa yang akan diputuskan oleh pengadilan,” kata Witanto.

Ia mengatakan MA hanya ingin menghadirkan bukti-bukti bahwa pemanduan sumpah itu tidak menyalahi aturan. Ia juga menegaskan bahwa MA tidak melakukan intervensi terhadap keputusan PTUN.

“Kami sebagai kuasa hukum MA selalu diingatkan agar senantiasa menjaga independensi pengadilan dalam memutus dengan mengikuti proses persidangan secara adil karena kami sebagai pihak yang berperkara,” kata Witanto.
Sebelumnya, Majelis Hakim PTUN DKI Jakarta memutuskan pemanduan sumpah pimpinan DPD oleh MA tidak dapat dijadikan objek sengketa. Menurut Majelis hakim, pemanduan sumpah jabatan itu hanya berupa kegiatan serimonial ketatanegaraan. (Fq)

SHARE